Alamat Kantor Jl. LU. Adisucipto No.38 Surakarta, Jawa Tengah - 57143 Telp./Fax. 0271-726036, 0271740932 E-mail smk6solo@yahoo.com English Indonesia

Ada Alumni SMKN 6 Surakarta di ASJ

Dipublikasikan 09 Januari 2015, Penulis P.Son, Direktori Berita Umum, Dibaca 2127 Kali.

Adit Sopo Jarwo (ASJ) yang tayang di MNC TV belakangan kian diminati. Ada puluhan anak-anak muda Solo dibalik serial animasi tersebut.

Solopos.com, SOLO — Adit Sopo Jarwo (ASJ) serial animasi yang tayang setiap sore pukul 16.30 WIB di MNC TV menjadi tontonan primadona bagi masyarakat Indonesia saat ini. Sekitar 20 anak muda asal Soloraya terlibat dalam pembuatan serial itu.

Film animasi Adit Sopo Jarwo (ASJ) yang ditayangkan mulai Januari 2014 lalu di MNC TV,beberapa hari lalu sempattop rank televisi nasional. Karya animasi bikinan MD Animation ini berhasil menggeser serial animasi serupa, Upin Ipin dan Boboi Boy. Di balik prestasi gemilang yang diraih serial tersebut, ada ratusan anak muda dari berbagai daerah di Indonesia yang bekerja keras mewujudkan film berdurasi tujuh menitan itu menjadi tayangan yang bukan hanya menarik secara visual, tapi juga berisi nilai-nilai kemanusiaan.

Di antara 350-an animator MD Animation di belakang pembuatan serial AS Jini ada juga yang dari Soloraya. Joko Sujito, warga Nogosari, Boyolali, adalah salah satunya. Sebelum bergabung di MD Animation pada Mei 2013 lalu, dia mengikuti pelatihan selama enam bulan di sanggar animasi di kawasan Mojosongo, Solo. Dalam pelatihan itu, dia mendapatkan ilmu dasar-dasar animasi, mengoperasikan software animasi tiga dimensi Blender dan sebagainya. “Setelah training lalu ikut tes masuk ke MD Animation dan Alhamdulillah saya lolos tes,” ujar Joko saat dihubungi Solopos.com, Jumat (9/1/2015). Begitu dinyatakan lolos seleksi, Joko mendapatkan pelatihan dari MD Animation lagi untuk penempatan divisi, sehingga dia tidak langsung jadi animator.

Setelah resmi menjadi animator di MD Animation, dia langsung diminta bergabung dalam proyek ASJ bersama ratusan animator dari kota lain. Joko bertanggung jawab menggerakkan tokoh-tokoh dalam serial tersebut agar luwes ketika ditonton. Selain Joko, ada 20-an animator muda asal Soloraya lainnya yang bergabung untuk menggarap ASJ. Rata-rata mereka adalah lulusan SMK di Kota Solo yang sudah memiliki ilmu dasar tentang multimedia.

Sama seperti Joko, setelah lolos seleksi, mereka kemudian ditempatkan di sejumlah divisi, seperti modeling, rigging, layout, render, lighting, animator, tim kreatif, dan sebagainya. Selama hampir dua tahun bergabung di MD Animation, Joko menemukan dunia kerja yang dia inginkan. Joko mengaku bisa secara bebas mengeksplorasi pemikiran, menuangkan ide kreatif dalam sebuah film seri.

Selain itu, dia juga merasa ada ikatan batin dengan film ASJ. “Rasanya saya seperti masuk ke dalam film itu, karena kehidupan sehari-hari yang saya hadapi memang seperti yang tergambar di film ASJ. Jadi para animator bisa menuangkan emosi ke dalam film ini,” kata Joko.

Saat mengetahui film serial ASJ mendapatkan rating tinggi, dia pun senang dan bangga. Kekompakan tim dalam mengerjakan serial tersebut benar-benar terbayar. Bentuk kekompakan itu misal ketika ada satu teman yang belum menyelesaikan pekerjaannya, pekerjaan itu ditanggung bersama dengan tim dan harus selesai sebelum deadline.

Joko dan ratusan animator lainnya bekerja delapan jam sehari dan diberi waktu satu jam istirahat. Namun yang membedakan MD Animation dengan tempat kerja yang lain, yakni fleksibilitas waktu kerjanya. Kalau masuk kerja pukul 09.00 WIB, berarti pulang pukul 18.00 WIB. Animator yang datang ke kantor pukul 11.00 WIB, baru boleh pulang pukul 20.00 WIB. Mereka diberi waktu libur Sabtu dan Minggu.

Animator lainnya Ruri Dian Sari, 19, warga Gumpang, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, didapuk menjadi layouter dalam serial ASJ. Nuri bertugas memastikan penempatan kamera sesuai pandangan mata penonton.

“Kalo membuat film layar lebar, kameranya dipegang kameraman. Di ASJsaya jadi layouter, sebutan cameraman untuk film animasi,” ujar Nuri, yang sudah setahun lebih bergabung di MD Animation.

Bagi Nuri (maksudnya Ruri), dunia animasi dirasa masih asing, sebab saat menimba ilmu di bangku SMKN 6 Solo, hanya bergelut dengan animasi dua dimensi, bukan tiga dimensi (3D). Karena itu, dia terlebih dahulu kursus animasi di sanggar animasi di wilayah Mojosongo, Solo.

Sumber : http://madiun.solopos.com/2015/01/10/adit-sopo-jarwo-kisah-anak-anak-muda-solo-di-balik-asj-mnc-tv-566574

Siswa yang telah didiklat oleh GMC Animator Solo kali ini boleh berbangga hati, karena telah ditempatkan di MD Animator Jakarta menjadi karyawan spesialis Animasi, berikut nama yang telah masuk ke dalam MD yakni :

Nama Lengkap

Bekerja

nama perusahaan

Alamat

Febri Indriya Safitri

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Ika Kurniawati

Percetakan

Solo

Ita Umaya

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Siti Muslimah

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Cut Amalia Choirunisa

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Cholida Nur Arisha

Timeline Studio

Denpasar, Bali

Yuli Lestanti

Kuliah

Solo

Grace Dewinta Natalia

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Ruri Dian Sari

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Setiyani

Discontinu

 

Zulaikah Kurniawati

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Novia Nurrohmah

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Ajeng Destarina

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Intan Tri Murni

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Erlina Indrawati

Kuliah

Solo

Cindy Melinda Hapsari

Batam

Batam

 

Eni Setiawati

Timeline Studio

Denpasar, Bali

Nina Yulianti

MD Animation

Jl. Tanah Abang III No.23 A

Denisa Triana Satuti

Kuliah

Solo

Bida Ari Ismaya

Kuliah

Solo

Anggit Nurbani Yusup

Percetakan

Solo

Adapun siswa / peserta ada 13 anak yang masuk MD dari 28 orang, sisanya ada yang kuliah, bekerja di tempat lain dan mengundurkan diri.

 

 

Salam, Selamat !


Tinggalkan Komentar
Direktori Arsip
Terbanyak Dibaca
Terakhir diperbarui

Kami sedang dalam pengembangan untuk halaman ini

We are under maintenance for this page

Silakan coba lagi untuk mengakses halaman ini nanti. Atau kenapa Anda tidak menghubungi kami untuk mendapatkan informasi terbaru atau ingin mengetahui perkembangan halaman ini. Klik di sini jika Anda ingin menghubungi kami.

Please try again to access this page later. Or why not call us to get the latest information or want to know the progress of this page. Click here if you would like to contact us.

×