Alamat Kantor Jl. LU. Adisucipto No.38 Surakarta, Jawa Tengah - 57143 Telp./Fax. 0271-726036, 0271740932 E-mail smk6solo@yahoo.com English Indonesia

Dikpora adakan Sosialisasi Pendidikan Karakter di SMK N 6 Surakarta

Dipublikasikan 10 Februari 2014, Penulis P.Son, Direktori Agenda Kegiatan, Dibaca 1719 Kali.

Kepala Dinas Dikpora Kota Surakarta Etty Retnowati, SH, MH bersama Kabid Kepemudaan dan Bid.Dikmen mengadakan sosialisasi dan pemahaman tentang pendidikan karakter. Acara yang cukup menarik perhatian ini dihadiri oleh seluruh jajaran guru dan Tata Usaha SMK 6 Surakarta yang bertempat di ruang Aula (lantai 2).

Menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai mengawali pembukaan yang dipimpin oleh ibu Sri Ekowati selaku pembawa acara memberikan waktu kepada Kepala sekolah Dra.Sri Supartini, MM untuk memberi sambutan selamat datang. Beliau mengatakan bawah SMKN 6 Surakarta telah menerima penjelasan Kurikulum 2013 dan telah melaksanakan mulai tahun pelajaran 2013/2014, walaupun dengan segala keterbatasan yang ada. Ditambahkan "Pendidikan karakter diperlukan bangsa Indonesia saat ini, melalui sosialisasi yang dimulai dari guru dan kemudian kepada siswa siswi diharapkan menyatukan persepsi siswa dan guru terhadap pandangan tentang pendidikan karakter.

Pemateri pertama disampaikan oleh Ibu Kepala Dinas Dikpora diantara yang beliau sampaikan adalah tentang Kepegawaian, kurikulum, disiplin pegawai, pelayanan publik guru terhadap masyarakat karena telah mendapatkan barokah sertifikasi serta mencoba mengingatkan untuk meningkatkan prestasi pendidikan di Kota Solo yang tahun terakhir ini merosot.

Pemateri kedua dari bapak Kelik Isnawan selaku kepala bidang Kepemudaan menyampaikan materi narkoba untuk dijauhi dari pelajar, pemuda dan bangsa Indonesia. Karena narkoba benar-benar barang yang sangat jahat dan merusak kehidupan anak bangsa. Difilmkan banyak ilustrasi tentang bahaya narkoba dan ketergantungannya hingga korban meninggal dunia.

Pendidikan karakter anak harus diupayakan menyentuh materi sikap, perilaku, pergaulan, sopan santun, etika, tanggung jawab, kejujuran dan lain-lain yang mana akhir-akhir ini disinyalir semuanya mulai luncur dan menjauh dari karakter siswa Indonesia.

Pada bagian akhir, disampaikan pula tentang Penjelasan Implementasi Kurikulum 2013 oleh bapak Budi ....Beliau menyampaikan pesan bahwa kurikulum 2013 adalah hal yang harus ditempuh, hal yang harus berubah seiring berubahnya perkembangan jaman dan tuntutan. Kurikulum 2013 yang telah dilaksanakan hampir seluruh SMK negeri di kota Solo ini harus dikawal, dipantau dievaluasi oleh pelaku dan masyarakat. Dalam kurikulum 13 sangat ditekankan pendekatan saintific melalui KI (kompetensi inti) dan Kompetensi Dasar. ini guru diharapkan dapat menjabarkan secara baik artikulasi sikap, religius, pengetahuan dan ketrampilan siswa.

 Gambar lebih lengkap ada di http ://smk6surakarta.blogspot.com

(redaksi)

 

acara berakhir hingga jam 14.30 WIB.


Tinggalkan Komentar
Direktori Arsip
Terbanyak Dibaca
Terakhir diperbarui

Kami sedang dalam pengembangan untuk halaman ini

We are under maintenance for this page

Silakan coba lagi untuk mengakses halaman ini nanti. Atau kenapa Anda tidak menghubungi kami untuk mendapatkan informasi terbaru atau ingin mengetahui perkembangan halaman ini. Klik di sini jika Anda ingin menghubungi kami.

Please try again to access this page later. Or why not call us to get the latest information or want to know the progress of this page. Click here if you would like to contact us.

×