Alamat Kantor Jl. LU. Adisucipto No.38 Surakarta, Jawa Tengah - 57143 Telp./Fax. 0271-726036, 0271740932 E-mail smk6solo@yahoo.com English Indonesia

LSP P1 SMK N 6 SURAKARTA ADAKAN UJI SERTIFIKASI TEKNISI AKUNTANSI JUNIOR

Dipublikasikan 14 Maret 2017, Penulis Dra. Ties Setyaningsih, M.Pd., M.M., Direktori Agenda Kegiatan, Dibaca 1501 Kali.

Pada hari kamis-jumát , 23-24 Februari 2017, sebanyak 96  siswa  kelas  XII Akuntansi mengikuti uji Sertifikasi Teknisi Akuntansi Junior yang diselenggarakan oleh LSP P1 SMK N 6 Surakarta. Menurut Dra. Maria Irene Karyani, M.Si., selaku direktur LSP P1 SMK N 6 Surakarta uji ini dilakukan dalam rangka meningkatkan sekaligus mengukur tingkat kompetensi siswa sebagai calon tenaga kerja.

Para asesor dan pengurus LSP P1 SMK N 6 Surakarta

Tantangan dunia kerja saat ini adalah kepastian kompetensi dari calon maupun tenaga kerja  yang ada. Pemerintah melalui Badan  Nasional Sertifikasi Profesi  (BNSP) menetapkan standar kompetensi yang harus dimiliki oleh calon maupun tenaga kerja.  Standar kompetensi ini sangat penting baik untuk peserta didik/calon tenaga kerja, lembaga pendidikan maupun bagi dunia usaha dan industri.

Bagi peserta didik, standar kompetensi ini bermanfaat dalam rangka membantu memastikan dan memlihara kompetensi  peserta didik hasil pembelajaran di sekolah, membantu peserta didik dalam mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar baik secara formal maupun secara mandiri, dan membantu pengakuan kompetensi oleh industri lintas sektor dan lintas negara.

Bagi sekolah, standar kompetensi ini bermanfaat untuk membantu memastikan link dan match antara kompetensi lulusan dengan tuntutan kompetensi dari industri, membantu memastikan tercapaianya efisiensi dalam pengembangan program pendidikan, membantu memastikan pencapaian hasil pendidikan yang tinggi dan menyelenggarakan rekrutmen dengan RPL (Recognition Prior Learning).

Suasana Uji Sertifikasi Klaster Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi 

LSP P1 SMK N 6 Surakarta telah terlisensi di BNSP untuk menyelenggarakan uji sesuai skeam sertifikasi yang terlisensi yaitu sertifikasi teknisi akuntansi junior (Level II) yang terdiri atas 7 unit mata uji  yang terbagi dalam dua klaster yaitu: 

  1. Klaster Penyusun Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP

 

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT

1

M.692000.001.02

Menerapkan    Prinsip    Praktik    Profesional    dalam

Bekerja

2

M.692000.002.02

Menerapkan     Praktik-     Praktik     Kesehatan     dan

Keselamatan di Tempat Kerja

3

M.692000.007.02

Memproses Entry Jurnal

4

M.692000.008.02

Memproses Buku Besar

5

M.692000.013.02

Menyusun Laporan Keuangan

 

  1. Klaster Pengoperasian Aplikasi Akuntansi Berbasis Komputer

1

M.692000.022.02

Mengoperasikan Paket Program Pengolah Data/Spreadsheet

2

M.692000.023.02

Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi

 

Menurut keterangan dari Bapak Joko Pramono, S.Pd., M.Si, selaku manajer sertifikasi LSP P1 SMK N 6 Surakarta, uji sertifikasi Teknisi Akuntansi Junior dilakukan dalam dua tahap sesuai SKEMA yang ada di LSP P1 SMK N 6 Surakarta. Klaster Penyusunan Laporan Keuangan berbasi SAK ETAP dilakukan pada bulan November 2016 sedangkan klaster pengoperiasian Apliaksi Akuntansi berbasis komputer dilakukan pada bulan Februari 2017. Uji sertifikasi ini sekaligus berfungsi sebagai uji kompetensi keahlian (UKK) bagi siswa kelas XII Akuntansi. Dalam pelaksanaan uji sertifikasi ini para siswa atau asesi di uji oleh para asesor kompetensi yang telah terlisensi di BNSP yang berasal dari SMK di Jawa Tengah.

Suasana Uji Sertifikasi Teknisi Akuntansi Klaster  Penyusunan Laporan Keuangan berbasis SAK ETAP

Dari uji sertifikasi yang telah dilakukan sebanyak 96 siswa dinyatakan kompeten untuk seluruh unit mata uji pada skema Teknisi Akuntansi Junior dan masing-masing siswa akan memperoleh sertifikas kompetensi yang berlogo garuda dan BNSP yang dikeluarkan oleh LSP P1 SMK N 6 Surakarta.

Selamat dan sukses untuk siswa akuntansi kelas XII tahun 2016/2017 yang telah dinyatakan kompeten semoga semakinmeningkartkan rasa percaya diri dalam kompetisi di dunia kerja.


Tinggalkan Komentar
Direktori Arsip
Terbanyak Dibaca
Terakhir diperbarui

Kami sedang dalam pengembangan untuk halaman ini

We are under maintenance for this page

Silakan coba lagi untuk mengakses halaman ini nanti. Atau kenapa Anda tidak menghubungi kami untuk mendapatkan informasi terbaru atau ingin mengetahui perkembangan halaman ini. Klik di sini jika Anda ingin menghubungi kami.

Please try again to access this page later. Or why not call us to get the latest information or want to know the progress of this page. Click here if you would like to contact us.

×