Alamat Kantor Jl. LU. Adisucipto No.38 Surakarta, Jawa Tengah - 57143 Telp./Fax. 0271-726036, 0271740932 E-mail smk6solo@yahoo.com English Indonesia

Mendunia dengan Karya Animasi

Dipublikasikan 03 September 2015, Penulis P.Son, Direktori Berita Umum, Dibaca 1400 Kali.

Film produksi Hollywood selalu ditunggu-tunggu bagi setiap pencintanya. Tak terkecuali, oleh penggemar film di Indonesia. Jalan cerita yang menarik, aktor atau pengisi suara yang keren, dan animasi yang spektakuler menjadi kelebihannya. Dengan mengedepankan tampilan yang modern, film animasi pun menjadi tontonan yang dapat menghibur semua umur.

Di balik kesuksesan sebuah film animasi atau yang membutuhkan sentuhan animasi, ada jasa animator yang patut diapresiasi. Di antara sederet nama animator asing pembuat film Hollywood, ada nama anak negeri yang jempolan. 

Sebut saja, seperti film Iron Man, The Hobbit, Avengers, dan The Adventure of Tintin. Ternyata, dari beberapa film fenomenal tersebut ada campur tangan anaimator asal Indonesia. 

Salah seorang animator lokal yang prestasinya mendunia adalah Andre Surya. Ia ikut mendukung kesuksesan film Iron Man, Star Trek, Transformers: Renvenge of The Fallen, The Escape, Terminator Salvation, Indiana Jones and The Kingdom of The Crystal Skull, Rango, Red Tails, dan Surrogates.

Dalam mendukung kariernya, Andre membuat studio animasinya sendiri bernama Enspire Studio di Jakarta. Seperti dikutip dari Wall Street Journal, Andre menilai, banyak generasi muda yang mempunyai talenta di industri komputer grafis atau sebagai animator. Berkat kreativitasnya, Andre pernah meraih penghargaan Best Short Competition Award of Merit dan Best Short Animation di Festival Film Los Angeles, Amerika Serikat, untuk filmThe Escape. 

Sementara itu, pegiat industri kreatif sekaligus animator dari Kota Malang, Jawa Timur, Vicky Arif, menyesalkan minimnya penghargaan terhadap karya-karya animasi di daerah maupun di lingkup nasional. Tak heran jika banyak perusahaan animasi yang gulung tikar. "Sebenarnya, industri animasi di Kota Malang berkembang pesat dan para animator juga mampu menciptakan karya-karya yang menakjubkan, tapi karya animasi tersebut hanya mampu dipasarkan di dalam kota saja, belum mampu pasar nasional," kata Vicky, seperti dikutip Antara.

Banyak hambatan yang dialami pegiat industri kreatif untuk dapat memasarkan produknya hingga skala nasional, apalagi internasional. "Peran pemerintah sangat penting untuk membuka jalan bagi para animator, minimal membantu mempromosikan karya anak bangsa agar bisa diakui secara nasional maupun internasional," ujar pemilik Paradise Studio tersebut.

Sejalan dengan pemikiran tersebut, Army Nathan Nanda dari Animation Army menyarankan agar animator Indonesia tak segan untuk mengambil kesempatan menimba ilmu ke studio-studio animasi di luar negeri. "Setelah cukup menimba ilmu di studio animasi di luar negeri, jangan lupa kembali ke Tanah Air untuk mengembangkan animasi di negeri sendiri."

Nathan berharap, jumlah aimator di Indonesia bisa terus bertambah banyak. Apalagi, beberapa sekolah menengah kejuruan saat ini sudah cukup banyak yang memiliki jurusan animasi. Jumlah animator tentunya juga harus dibarengi dengan pertumbuhan studio animasi di dalam negeri. "Wadah untuk animator Indonesia saat ini masih kurang," tuturnya, seperti dikutip dari Antara. n c32 ed: reiny dwinanda

sumber : http://www.republika.co.id/berita/koran/gen-i/15/09/02/nu1i3b1-mendunia-dengan-karya-animasi

Informasi mengenai lembaga kursus resmi penyalur Animator ke MD atau Adit Sapa Jarwo bisa ke GMC Solo - Jl.Malabar Mojosongo. dan Tanggal 9 September 2015 ada Pameran Animasi di Grand Mall Solo. Buruan cari informasinya !!!

 


Tinggalkan Komentar
Direktori Arsip
Terbanyak Dibaca
Terakhir diperbarui

Kami sedang dalam pengembangan untuk halaman ini

We are under maintenance for this page

Silakan coba lagi untuk mengakses halaman ini nanti. Atau kenapa Anda tidak menghubungi kami untuk mendapatkan informasi terbaru atau ingin mengetahui perkembangan halaman ini. Klik di sini jika Anda ingin menghubungi kami.

Please try again to access this page later. Or why not call us to get the latest information or want to know the progress of this page. Click here if you would like to contact us.

×