Alamat Kantor Jl. LU. Adisucipto No.38 Surakarta, Jawa Tengah - 57143 Telp./Fax. 0271-726036, 0271740932 E-mail smk6solo@yahoo.com English Indonesia

Mobil EsEmKa akan jalin kerjasama dengan Jerman

Dipublikasikan 03 Februari 2012, Penulis P.Son, Direktori Berita Umum, Dibaca 1924 Kali.

SOLO – Pengembangan mobil Esemka bakal lebih sempurna dengan keterlibatan raksasa automotif asal Jerman.Kedutaan Besar Republik  Indonesia (KBRI) Berlin berusaha membuka kerja sama dengan produsen Mercedes–Benz, Volkswagen (VW), Opel, dan BMW untuk mengembangkan mobil nasional ini.

Wakil Kepala Perwakilan KBRI Berlin Diah Wulandari M Rubianto mengatakan, keterlibatan produsen-produsen automotif terkemuka ini merupakan potensi besar dalam mengembangkan mobil nasional. KBRI berniat membuka kerja sama bilateral antara Jerman danIndonesia,khususnya untuk pengembangan mobil Esemka. ”Kami akan memfasilitasi pertemuan dengan industri automotif di Jerman seperti VW,Mercedes–Benz,Opel,dan BMW. Seperti diketahui, Jerman memiliki industri automotif terbesar,” kata  Diah Wulandari M Rubianto di rumah dinas Wali Kota Loji Gandrung kemarin.

Mengenai bentuk kerja sama bisa dibahas kedua pihak. Dalam hal ini Jerman memiliki segudang tenaga ahli yang bisa menularkan pengetahuannya di bidang automotif. Menurut Diah, informasi tentang mobil nasional rakitan pelajar SMK santer terdengar hingga KBRI Berlin.Oleh KBRI Berlin,Jerman dinilai potensial bisa mendukung pengembangan mobil Esemka. ”Pak Dubes (Eddy Pratomo) sangat antusias sekali mencarikan tempat-tempat yang bisa diajak bekerja sama perihal mobil Esemka.Kami akan memfasilitasi jalinan kerja sama antara Esemka dengan mitra-mitra di Jerman,”terangnya.Diah berusaha secepatnya mengagendakan pertemuan antara industri automotif Jerman dengan tim Esemka.Apalagi Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berangkat ke Jerman pada Maret mendatang dalam rangka InternationalTourism Exhibitiondi Berlin.

Nantinya seusai kesepakatan dua negara tercapai, tim Esemka dapat belajar di Jerman atau teknisi dari Jerman dikirim ke Solo untuk mengadakan pelatihan. Menurut Diah, memasuki tahun ke-60 kerja sama Indonesia-Jerman, hubungan bilateral kedua negara kian ditingkatkan di berbagai bidang. Jokowi  merasa kesempatan yang dibuka KBRI kian menyemangati tim Esemka untuk berkarya lebih baik.

Di sana, Jokowi bakal mengadopsi cara pengembangan produk automotif untuk diterapkan pada industri mobil rumah tangga Esemka. ”Kita akan jajaki sebenarnya bagaimana cara membesarkan industri mobil manufaktur di Indonesia? Lalu dengan positioning seperti apa?” jelas Jokowi. Dia berharap KBRI Berlin bisa mewujudkan kerja sama tersebut karena  Indonesia butuh transfer teknologi semacam itu.

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/465190/


Komentar untuk arsip ini ditutup.

Direktori Arsip
Terbanyak Dibaca
Terakhir diperbarui

Kami sedang dalam pengembangan untuk halaman ini

We are under maintenance for this page

Silakan coba lagi untuk mengakses halaman ini nanti. Atau kenapa Anda tidak menghubungi kami untuk mendapatkan informasi terbaru atau ingin mengetahui perkembangan halaman ini. Klik di sini jika Anda ingin menghubungi kami.

Please try again to access this page later. Or why not call us to get the latest information or want to know the progress of this page. Click here if you would like to contact us.

×