Workshop Penerapan Classpoint Dalam Pembelajaran

“Hari ini kita belajar classpoint anak muda super ngehitz. Mangga cek dulu video tutorialnya”. Inilah sepenggal kalimat yang membuat bapak ibu guru takjub berdecak penuh tanya. Apa itu ClassPoint? Berbondong – bondong serentak menuju aula dengan penuh antusias dan semangat.

Hari ini, diparuh kedua tahun ajaran 2021/2022 tepatnya Rabu, 4 Januari 2022 hari ketiga workshop ClassPoint untuk Sekolah Program Keunggulan Lanjutan. Hiruk pikuk suasana memenuhi ruangan. Sapaan sederet pantun menyentak keriuhan.

Lihat putih rambut pak Udin,

Tidak masalah tetap menawan hati,

Selamat pagi para hadirin,

Alhamdullilah kita berjumpa lagi.

 

Bola bundar dilempar ke langit,

Kayu cendana wangi beraroma

Siap belajar bersama pak Mufid

Untuk berguna bagi sesama

Sederet pantun yang terlontar dari pembawa acara Ema Tri  Puspitasari, M.Pd, mengawali acara workshop classpoint. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Iddo Christiana,S.Pd,M.Pd dilanjutkan  doa oleh Muhammad Syaifudin, S.Pdi.

Menghadirkan penyaji  anak muda yang pintar, hebat, handal, seorang youtuber, influencer, fasilitator Sekolah Penggerak, fasilitator Dolmen, dan Claspoint Certified Trainer, Seameo Seamolec Indonesia, serta masih seabreg prestasi yang disandangnya. Penasaran… siapa lagi kalau bukan Si pemilik nama Masruhin Mufid, S.Pd., M.Kom. pendidik di SMK N 7 Semarang.

Classpoint ini belum rilis, direncanakan rilis tanggal 15 Januari 2023 kata Masruhin Mufid, S.Pd.,M. Kom. Tentu ini menjadi sebuah kebanggaan bagi SMK N 6 Surakarta yang pertama belajar tentang classpoint…wouw luar biasa. Demikian sambutan Bu Dwi Titik selaku Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, yang diawali dengan yel-yel SMK N 6 Surakarta.

Semangat Pagi, Pagi, Pagi, Pagi SMK VISKA Be Smart dan Semangat… SMK Bisa SMK  Hebat, SMK Bisa Hebat, SMK VISKA JAYA

Menurut Mufid, demikian biasa akrab disapa, media pembelajaran classpoint ini mempunyai kelebihan yaitu hanya dengan satu power point sudah bisa mengcover seluruh data bahkan pada aktifitas penilaian bisa muncul hasil analisisnya. Di samping itu juga otomatis bisa menyimpan dalam bentuk PDF. Tidak hanya itu saja, classpoint ini terhubung dengan siswa melalui fitur interaktif yang langsung ada di dalam Microsoft PowerPoint.

Antusias dan semangat belajar bersama nara sumber hebat

Masruhan Mufid,S.Pd,M.Kom pemilik Mufid  Masruhan Channel…Belajar Berbagi Tips, Trik Tutorial Pendidikan yang juga bersemboyan “Remeh Bagi Kita Bisa Jadi Luar Biasa Bagi Sesama” ini patut diacungi jempol. Bagaimana tidak ? Dalam kamus hidupnya Berprinsip” # 1 hari 1 video tutorial” ini mengatakan  ada 2 hal yang perlu  kita ketahui :

  1. Participant
  • gak perlu Unduh apapun
  • cukup pakai Browser masuk ke classpoint.app
  1. Presenter
  • Download aplikasi di classpoint.io
  • Instal aplikasi dan akan menjadi add.on di powerpoint
  • Sign up
  • Berhasil Install

Guru tidak dapat digantikan oleh teknologi tetapi guru tanpa teknologi, akan ditinggalkan.

Semangat belajar, Bapak Ibu hebat guru SMK N 6 Surakarta.

SMK Bisa, SMK Hebat, SMK Bisa Hebat, SMK Viska JAYA!

Kegiatan workshop diakhiri dengan foto bersama.(MR).

Wajah penuh semangat dan ceria seceria salam classpoint