HOW TO BE A GOOD: MC, PRESENTER AND SPEECH RADIO SOLOPOS – MANAJEMEN PERKANTORAN

Semangat Pagi…

Pagi…Pagi…Pagi…

SMK Viska Smart dan Semangat …

SMK…Bisa…

SMK…Hebat…

SMK…Bisa Hebat…

Viska…Jaya….

Diawali dengan yel-yel yang gegap gempita kegiatan hari Selasa pagi tanggal 7 Februari 2023 diikuti oleh wajah-wajah ceria dan antusias siswa-siswi kelas XI Manajemen Perkantoran pada pukul 08.00 s.d. 11.45 WIB bertempat di Aula SMK Negeri 6 Surakarta menyelenggarakan Kegiatan Guru Tamu Industri yang dihadiri oleh Bapak-Ibu guru program Manajemen Perkantoran (MP) dan siswa-siswi kelas XI Manajemen Perkantoran (MP) dengan narasumber Ibu Noer Roqiyyah SML – biasa dipanggil  Mbak Noer Atmaja – dari Radio Solopos. Istimewanya kegiatan tersebut dihandel oleh sejumlah petugas yang membantu kelancaran jalannya acara yaitu sejumlah siswa dari kelas XI Manajemen Perkantoran.

Sebelum acara dimulai,ada penampilan presentasi dalam Bahasa Inggris dari calon peserta lomba LKS Tingkat Kota Mata Lomba OTKP tingkat kota Surakarta tahun 2023 atas nama Alifia Aura Widjaya dari kelas XII Otomotisasi Tata Kelola Perkantoran 1 dengan tema “Public Speaking”.

Selanjutnya kegiatan ini dibuka oleh MC –Grenata Nayla Sutopo (XI MP 3) – dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Petugas Dirigen –Isnaini Fullah (XI MP 2) -. Acara selanjutnya adalah sambutan Ibu Kepala Sekolah, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Ibu Endang Retno Palupi, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Ibu Endang Retno Palupi, S.Pd., M.Pd mengapresiasi kepada peserta, petugas dan terimakasih kepada ibu Noer Atmaja. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa ilmu public speaking sangat relate dengan jurusan MP dilanjutkan dengan menjelaskan sosok ibu Noer Atmaja selaku penyiar dari Radio Sopolos. Akhir sambutan, Ibu Endang Retno Palupi, S.Pd., M.Pd membuka acara dengan mengetuk mic sebanyak 3 kali untuk menyatakan acara guru tamu industri dibuka.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi yang akan disampaikan oleh Mbak Noer Atmaja dengan sebelumnya itu dibacakan Curriculum Vitae (CV) dari pemateri oleh Bapak Singgih Rakasiwi, S.Pd.

Dalam pemaparannya yang menarik dan interaktif, Mbak Noer Atmaja menjelaskan definisi Master of Ceremony (MC) yaitu Memandu Jalannya acara agar sesuai rencana. MC juga harus mengetahui detail dan paham acara yang dipandu. Syarat yang harus dimiliki seorang MC antara lain :  berkepribadian baik, atraktif, simpati, wawasan, kooperatif, kemampuan berbahasa dan berkomunikasi, tanggap. Dipaparkan juga tentang tugas MC yaitu Memastikan acara berlangsung sesuai susunan acara, tepar waktu, lancar, meriah. MC juga harus percaya diri, manajemen waktu, mudah beradaptasi, body language, kreatif, sense of humor, bridging, belatih  & evaluasi serta beretika dalam tata bahasa yang baik.

Dilanjutkan pada materi yang kedua yakni Public Speaking. Mbak Noer menjelaskan Public Speaking adalah seni berbicara didepan umum. Tips agar tidak blank pada saat Public Speaking yaitu mempelaari materi dan terus latihan. Public Speaking ini menjadi penting karena banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan kemampuan tersebut.

Setelah pemeparan selesai,kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta dan narasumber.

Pertanyaan pertama, “Bagaimana cara melatih artikulasi dan mengurangi speed berbicara ?” dijawab “Dengan latihan, latihan adalah  kunci”

Pertanyaan kedua, “Bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri?” dijawab “Dengan mengetahui kelemahan dan mencari kelebihan diri sendiri”

Pertanyaan ketiga, “Bagaimana cara memancarkan kecantikan dari diri sendiri?” dijawab “Dengan cara pandai menempatkan diri, empati, dan  attitudeyang baik”

Acara dilanjutkan dengan ice breaking, pembagian kelompok peserta, dan pembagian tugas untuk masing-masing kelompok.

Selanjutnya kelompok dipilih secara acak untuk memperagakan hasil tugas yang telah dikerjakan. Kelompok yang maju berjumlah 5 kelompok dengan hasil peragaan presentasi program unggulan sekolah, diskusi debat, dan MC acara informal sekolah.

Tiba dipenghujung kegiatan, kesimpulan materi dibacakan oleh moderator yaitu Public Speaking itu perlu dilatih agar menjadi skill. Lalu acara ditutup oleh MC. (ditulis Singgih)

Setelah acara selesai, dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara narasumber dengan peserta kegiatan.

Foto Narasumber bersama Panitia Kegiatan (Siswa XI Manajemen Perkantoran)