HANYA DI VISKA: GARHADIKAN YANG MEMPESONAKAN

GARHADIKAN (Gelar Karya Hari Pendidikan Nasional) adalah nama gelaran acara yang diselenggarakan oleh SMK N 6 Surakarta pada Selasa Pon, 2 Mei 2023 dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 dan Bulan Merdeka Belajar 2023 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik. Kegiatan tersebut sesuai dengan imbauan yang disampaikan oleh Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim.

Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara bendera memperingati HARDIKNAS 2023. Upacara berlangsung di lapangan depan. Bertindak sebagai pembina upacara adalah kepala SMK N 6 Surakarta, ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M. Pd. Dalam amanatnya, Pembina upacara membacakan pidato Mendikbudristek RI dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Mendikbudristek dalam pidatonya yang dibacakan oleh pembina upacara antara lain menyampaikan bahwa “Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.”

Selain membacakan pesan dari Mendikbudristek, Kepala Sekolah juga menyampaikan pantun yang ditujukan khusus untuk peserta didik. Demikian pantun yang disampaikan beliau:

Membeli buah lalu dikupas, kemudian membeli lampu pijar.

Selamat memperingati Hardiknas, tambah semangat dan rajin belajar.

Riuh sorak sorai peserta upacara merespon pantun yang disampaikan oleh orang nomor satu di SMK PK Pemadanan Industri ini. Menambah semarak dan hangatnya kekeluargaan yang selama ini sudah baik terbina. Terbukti, tak lama kemudian situasi dan kondisi sudah kembali khidmad melanjutkan rangkaian upacara hingga selesainya.

Selepas upacara, panggung untuk gelar karya Hari Pendidikan Nasional sudah menanti. Tepatnya di lapangan tengah, di depan perpustakaan WIJANG SMK N yang terletak di tengah kota Surakarta. Pembukaan dilakukan oleh Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si. M.Pd. Kepala Sekolah dalam pembukaan menyampaikan pesannya pada para peserta didik untuk selalu berkreasi menciptakan karya dan berinovasi serta berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang positif. Selalu mengenali potensi diri dengan adanya kurikulum merdeka. Peserta didik jadi memiliki kebebasan dalam mengembangkan kreasinya.

Ada dua jenis mata lomba yang diadakan pada kesempatan HARDIKNAS 2023. Lomba tersebut adalah : pertama lomba gelar karya yang diselenggarakan di depan perpustakaan, dan kedua lomba poster yang berlangsung atau dikirim melalui mode daring atau online.

Selesai pembukaan, Hadroh dari anak Rohis tampil menunjukkan kepiawaiannya di awal acara berhasil menarik perhatian pemirsa. Tari Saman hadir di urutan berikutnya. Kompak, indah, memukau. Kombinasi gerak tari yang disuguhkan oleh kelas XI BP inipun sukses menuai tepuk tangan para penikmatnya. Sajian berikutnya dari ananda Galuh Teguh kelas XI AKL 2 dengan Geguritan yang berjudul “Guruku Tuladhaku”. Penampilan yang langka dengan kepiawaiannya bertutur dalam Bahasa Jawa. Apresiasi dari Kepala Sekolah juga nampak nyata ditunjukkannya. Ananda Sherly Zahra kelas XI AKL 1, Najlaa Rameyza Chalisa kelas XI DKV 1, Kayla Dinda kelas XMPLB 3, dan Ferandita kelas X AKL 2, menyajikan suara emas melalui Solo Vocal dengan masing-masing tembang andalannya. Dance K-Pop juga ditampilkan oleh duet ananda Vriska Febriana dan Aloysia Geofany kelas X DKV 1, serta quartet ananda Sadiya kelas X BC, Vara kelas XII PFPT, Sabrina kelas XII PFPT dan Oni kelas XI DKV 2. Single dance turut disuguhkan oleh ananda Tiara kelas X PM 1. Seni pencak silat disuguhkan oleh trio ananda Ermalia kelas XI MP 1, Saras kelas XI PM 1, dan Yolanda kelas X BP. Penampilan memukau dari Paski dan Paspram turut mewarnai gelaran acara yang tersaji. Deg Deg Band dari ekskul KMVI tampil di penghujung acara setelah MC mengumumkan para pemenang lomba poster dan gelar karya.

Para pemenang lomba poster adalah: juara 1 dimenangkan oleh ananda Aura Bella kelas X PM 1, juara 2 diraih oleh team A kelas XI DKV 2, dan juara 3 diraih oleh team B kelas XI DKV 2. Para pemenang lomba gelar karya adalah: juara 1 dimenangkan oleh ananda Galuh Teguh, juara 2 diraih oleh XI BP, dan juara 3 diraih oleh XI DKV 1. Selamat kepada para pemenang lomba. Tetap semangat menghasilkan karya-karya luar biasa oleh semua peserta.

Selepas penutupan, peserta didik diijinkan memanfaatkan panggung melanjutkan dengan kegiatan positif unjuk kemampuan menyuguhkan suara dan menggali potensi-potensinya yang masih tersembunyi. Harapan pada kegiatan mendatang, akan lebih banyak lagi maha karya luar biasa yang dapat digelar dalam berbagai kegiatan. Bagi seluruh insan pendidikan di seluruh dunia: Selamat Hari Pendidikan Nasional! (NN)