Himbauan Keamanan Berlalulintas dalam Kegiatan MPLS SMKN 6 Surakarta

Suasana penuh semangat memenuhi lingkungan sekolah saat ratusan peserta didik baru memasuki gerbang sekolah untuk mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang spektakuler. MPLS tahun ini mengambil langkah inovatif untuk memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah yang dinamis melalui kegiatan-kegiatan MPLS yang menarik. Bertemakan Bangga dan Bergembira Bersekolah untuk Perwujudan Profil Pelajar Pancasila, MPLS tahun ini mengimplementasikan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila selama tiga hari yaitu mulai tanggal 17-20 Juli 2023.

Pada hari kedua MPLS di SMKN 6 Surakarta ini menghadirkan SATLANTAS Kota Surakarta yang diwakili dari unit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Gatot Ariyanto, Bambang W, dan Sri Widada untuk memberikan sosialisasi tentang keamanan berlalu lintas. Hal ini mengingat setiap tahun ribuan nyawa hilang dan jutaan orang terluka akibat insiden di jalan raya. Selain itu dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan oleh kecelakaan berdampak serius pada keluarga korban dan negara secara keseluruhan. Meningkatkan kesadaran dan mematuhi peraturan lalu lintas adalah kunci untuk memastikan keselamatan berlalu lintas, yang seharusnya menjadi tanggung jawab bersama seluruh komunitas. Salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah perilaku pengemudi yang tidak aman. Mengemudi dalam keadaan mabuk atau terpengaruh obat-obatan, melampaui batas kecepatan yang ditetapkan, mengabaikan peraturan lampu lalu lintas, dan menggunakan ponsel selama mengemudi adalah beberapa contoh perilaku yang berbahaya dan sering kali menyebabkan kecelakaan yang mematikan.

Penting bagi setiap pengemudi untuk menjalankan peran mereka dengan bertanggung jawab. Ini termasuk mematuhi batas kecepatan yang ditetapkan, menggunakan sabuk pengaman, tidak menggunakan ponsel saat mengemudi, serta menghindari mengemudi dalam keadaan mabuk atau terpengaruh zat adiktif lainnya.  Jadi, mari bersama-sama melakukan perubahan positif dengan menjadi pengemudi yang bertanggung jawab, mendukung teknologi keselamatan berlalu lintas, dan mendorong pemerintah untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam menciptakan jalan yang lebih aman bagi kita semua. Kita dapat mengurangi angka kecelakaan dan mencapai tujuan bersama menuju lalu lintas yang aman dan berkelanjutan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta didik baru memulai masa sekolahnya akan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya berlalu lintas yang aman. Semangat keselamatan berlalulintas yang ditanamkan dalam kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan dan menciptakan generasi muda yang bertanggung jawab dalam berlalu lintas.

Ratna