GO ROHKAT VISKA ST. BERTILLA 2023 “WE ARE A NEW GATEWAY TO THE FUTURE”

You are my sunshine, My only sunshine

You make me happy, When skies are gray

You’ll never know, dear, How much I love you

Please don’t take, My sunshine away

Penggalan lirik lagu “You are my sunshine” tersebut, menggambarkan hangatnya mentari pagi yang bersinar cerah sehangat senyuman dan tawa siswa-siswi Rohkat Viska. Sabtu, 19 Agustus 2023 bertepatan dengan bapak ibu guru karyawan SMK Negeri 6 Surakarta yang melaksanakan Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke 78. Siswa-siswi yang tergabung dalam Kerohanian Katolik Viska melaksanakan kegiatan GO ROHKAT VISKA 2023 dengan tema : “We are a New Gateway to the Future”. Kegiatan ini sebagai bentuk ungkapan syukur dan mohon rahmat dan penyertaan Tuhan untuk tahun ajaran yang baru, mohon kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan PKL siswa-siswi kelas XII serta temu keakraban siswa-siswi kelas X, XI dan XII. Bahkan terlihat beberapa alumni yang turut hadir untuk melepas rindu dan mengenang masa-masa suka duka di Rohkat Viska.

Kegiatan diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Alfonsus Ardi Jatmiko, SJ yang untuk kedua kalinya memimpin misa sekaligus Pelantikan Pengurus Rohkat Viska periode 2023-2024. Dalam homilinya, Rm. Ardi berpesan kepada seluruh siswa-siswi Rohkat untuk “Jangan Kuatir”, melainkan hendaknya menjadi teladan kebaikan, menjadi garam, terang dan berkat untuk sekitarnya. Rm. Ardi juga mengajak seluruh siswa-siswi Rohkat untuk semakin semangat dalam belajar guna mempersiapkan masa depan. Selain itu, Rm. Ardi juga berterimakasih kepada para petugas misa yang terdiri dari kelas X antara lain: Petugas Lektor : Indah (X ULP 3), Doa Umat : Lona (X AKL 3), Pemazmur : Chasya (XI ULW 3), Dirigen : Bella (X PM 2), Angeline (X ULP 3), Gaby (X PPLG), Feifei (X AKL 3), Dewi (X MPLB 3). Turut serta memeriahkan misa dengan suara nan kompak dari Bertilla’s Choir.

Setelah misa, dilanjutkan dengan penampilan bakat dari para anggota Rohkat antara lain: Tari Tradisional “Mojang Priangan” (Dina/XI MP 3), Modern Dance “Bertilla’s Dance” (Fany/XI AKL 3, Vrisi/XI DKV 2 dan Ana/XI MP 3), Akustikan “Bertilla’s Band” (Axel/XI PM 2, Chasya/XI ULW 3, Christina/X PM 2, Lona/X AKL 3 dan Friska/XI AKL 3). Semua turut bergembira menampilkan bakat dan talenta masing-masing yang sudah dianugerahkan oleh Tuhan. Sesi berikutnya para siswa mulai masuk dalam dinamika kelompok yang terdiri dari kelompok: Korintus, Galatia, Filipi, Tesalonika dan Filemon. Tiap kelompok mulai saling berkenalan lebih dekat dan mencurahkan ide-ide dalam menyusun strategi untuk membuat yel-yel yang kreatif untuk ditampilkan saat sesi Mini Outbond. Sesi materi dibawakan oleh narasumber: FX. Hendrita Wahyu Dewanto yang mengajak siswa-siswi Rohkat untuk menjadi Berkat Tuhan lewat “senyuman” di manapun berada, kapanpun dan kepada siapapun. Selain itu, setia kepada proses, tidak selalu perjalanan itu mulus ibarat jalan tol, tidak selalu yang dihadapi akan indah dan menyenangkan saja. Tetapi juga akan bertemu dengan “kerikil-kerikil kecil”, “rumput-rumput ilalang” yang akan mewarnai dan menghiasi setiap perjalanan ke depan. Seperti makna lagu “You are My Sunshine”, yang dinyanyikan bersama oleh narasumber dan seluruih siswa. Harapan ke depan seluruh siswa-siswi menjadi “penyemangat” dengan cara dan versi masing-masing baik kepada orang tua, keluarga, teman-teman, bapak ibu guru, dan setiap orang yang dijumpainya sehari-hari.

Setelah mengisi daya (makan siang), tibalah yang ditunggu-tunggu yaitu sesi Mini Outbond. Sudah ada pos-pos games yang dipersiapkan oleh panitia untuk diikuti oleh tiap kelompok. Walaupun panas terik, tapi tidak menyurutkan semangat pantang menyerah dari tiap kelompok untuk menakhlukkan tiap pos. Tidak lupa menampilkan yel-yel kreatif tiap kelompok. Seluruh peserta larut dalam kegembiraan dan kekompakan. Ternyata perjuangan memang tidaklah mengkhianati hasil, juara 1 diraih oleh kelompok Tesalonika, juara 2 kelompok Filemon, juara 3 kelompok Galatia, juara Favorit 1 dan 2 diraih oleh kelompok Korintus dan Filipi. Di penghujung sesi, para siswa diminta berefleksi tentang kegiatan hari ini. Selain itu masih dengan semangat, menceritakan dan mengungkapkan perasaan serta pesan yang didapat dari tiap sesi yang mereka ikuti. Para alumni pun turut serta dalam sharing dan refleksi. Kegiatan diakhiri dengan menuliskan harapan, kesan dan pesan dalam “OUR HOPES”. Akhirnya, selesailah sudah, kegiatan GO ROHKAT VISKA 2023 diakhiri dengan doa penutup dan sayonara. (Serve God Without Limits)

Pergi belanja ke Toko Viska, Jangan lupa membeli kuaci

Sampai jumpa di kegiatan Rohkat berikutnya, Semoga Tuhan selalu memberkati

 

Oleh : Lidya Putri Herawati