KIAT SUKSES KARIR ALUMNI DALAM KOORDINASI TRACER STUDY

Senin Wage, 25 September 2023 di SMK Negeri 6 Surakarta diselenggarakan kegiatan koordinasi Tracer Study. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni Senin dan Selasa, 25 dan 26 September 2023. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan tracer study adalah memantau dan mengukur para lulusan satuan pendidikan vokasi. Selain itu, kegiatan ini untuk mengetahui dampak berbagai program pendidikan vokasi terhadap lulusan; apakah terserap di dunia kerja, melanjutkan studi, atau wirausaha. Data tersebut sangat diperlukan oleh satuan pendidikan dalam menentukan raport pendidikan serta menguatkan peran BKK dalam lembaga.

 

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah alumni dan calon alumni, yakni murid kelas XII SMK yang dikepalai oleh ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. Baik hari pertama maupun hari kedua, peserta yang hadir melebihi angka yang ditargetkan oleh panitia. Peserta yang hadir di hari pertama mencapai 252 sedangkan di hari kedua 251 terdiri dari alumni yang lulus peroide dua tahun terakhir.

Dalam sambutannya, kepala SMK PK Pemadanan Industri, ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. menyatakan pentingnya kagiatan tracer study. Selain untuk menjaga silaturahim agar alumni tidak lupa pada almamater, juga untuk mengetahui kiprah alumni dalam kehidupan di masyarakat. Hadir pula kacabdin VII, Drs. Agus Triyanto, M.Si. yang secara resmi membuka acara di hari pertama. Selain menyampaikan sambutannya, beliau mengapresiasi bahwa 99% pencapaian data tamatan yang berhasil dihimpun oleh tim. Di hari kedua, acara secara resmi dibuka oleh Dra. Retnaningsih, M.Pd., pengawas pembina SMK wilayah cabdin VII, yang juga berpesan bahwa lulusan SMK : siap kerja, santun, mandiri dan kreatif.

Hadirnya para alumni sukses sebagai pembicara yang membagikan kiat suksesnya dalam berkarir menjadi daya tarik tersendiri bagi berlangsungnya acara penelusuran tamatan ini. Alumni yang hadir pada kesempatan kali ini adalah: bapak A. Haris Romdhoni, SE., MEI dan ibu Maliyana Nur W, S.Pd., M.Pd. di hari pertama serta ibu Milka Heruwati, bapak Hary Setiyanto dan ibu Yuliyani Siyamtiningtyas, S.Kom, M.Cs.

 

Kiat sukses karir

Kiat sukses karir yang disampaikan para alumni antara lain:

Public speaking adalah bekal yang sangat dibutuhkan jika kita ingin sukses apapun profesinya

Perubahan atau kesuksesan butuh: pikiran yang terbuka, hati yang “terluka”, membangun networking (organisasi). Alasan harus berorganisasi: jadi tokoh banyak dari aktivis, biasa berpikir kritis, bertindak dan berpikir solutif, berani mengambil keputusan, mempunyai prinsip

Alumni harus pantang menyerah, karena SMK BISA HEBAT, harus dapat beradaptasi dan yakin serta optimis untuk sukses, ilmu yang didapat selama di SMK sangat terpakai di perusahaan. tidak boleh minder, percaya diri, pasti bisa. Terkadang kerja diluar ekspektasi. mungkin akan dapat posisi tidak linier dengan jurusan. Tapi harus tetap optimis & professional. Harus punya kemampuan di atas rata-rata. Selalu positif thinking. Kejar cita-cita, jangan mudah menyerah. Bagus jika ingin lanjut kuliah, anak SMK ternyata bisa bersaing dengan SMA. jangan hanya mau “menjual body saja” tapi harus “jual brain“. Karena menjaga martabat hidup, itu pilihan. Hidup harus bermanfaat, selalulah minta petunjuk Tuhan, dan perbaiki spirit. Hidup adalah episode yang harus diselesaikan dengan baik.

Oleh: Sri Setyaningsih