WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BK SMK KOTA SURAKARTA

Selasa, tanggal 3 Oktober 2023 di Aula SMK Negeri 6 Surakarta telah diselenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru BK SMK Kota Surakarta. Acara ini terselenggara atas kerja sama MGBK SMK Kota Surakarta dengan Universitas Bina Sarana Informatika. Laporan ketua panitia Bp ExSantosa SPd,M.Si menyampaikan dari target 60 peserta ternyata hadir melebihi yang ditargetkan, yakni 64 guru BK. Dalam sambutannya ketua MGBK SMK Surakarta ibu Dra.Rumiyati, M.Pd.,Kons. juga menyampaikan apresiasi yang tinggi pada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan terutama kepada seluruh peserta. Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu demi lancarnya kegiatan. Baik dari pengurus MGBK, panitia kegiatan, Guru dan karyawan SMK Negeri 6 Surakarta, maupun Universitas Bina Sarana Informatika.

Selanjutnya Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M. Pd selaku Kepala SMK Negeri 6 Surakarta juga memberikan apresiasi dan juga semangat kepada para peserta sekaligus berkenan secara resmi membuka kegiatan workshop.

Tema yang diusung pada workshop kali ini adalah Kesejahteraan Psikologi Guru BK : Refleksi dan Upaya Peningkatannya. Dr Ribut Purwaningrum, M. Pd selaku narasumber menyampaikan materi tentang Psychological Well-Being  (PWB) Guru BK sebagai Profesional Helper. PWB diperlukan bagi guru BK agar dapat membantu peserta didik meraih PWBnya. Selain itu, PWB juga membantu guru BK untuk bisa melejitkan potensi diri yang dimiliki, sehingga lebih bermanfaat untuk banyak pihak. Guru BK memiliki well being jika :

  1. Memiliki seff acceptance/penerimaan diri yang memadai
  2. Memiliki positive realtion with other/hubungan yang baik dan positif dengan orang lain
  3. Otonomi
  4. Memiliki level penguasaan atas lingkungan yang baik
  5. Mampu memetakan tujuan dalam hidup
  6. Memiliki kebutuhan untuk mengembangkan diri secara terus-menerus

Tidak kalah serunya, narasumber yang kedua adalah Prof. Dr. Purwati, M.Pd.,Kons. bersama Prof. Dr. Muhammad Jakfar, M.Pd., Kons. Beliau menyampaikan materi tentang Mengukur Skala Moral secara mandiri. Pada saat pemaparan materi yang kedua ini, para guru BK terlihat antusias. Hal ini dikarenakan jarang sekali guru BK mendapatkan ilmu tentang BK langsung dari pakarnya Bimbingan Konseling.  Guru BK mendemonstrasikan pengukuran skala moralnya secara pribadi dengan cara log in di website yang dibagikan oleh narasumber. Hasilnya langsung dapat dilihat pada saat itu juga.

Acara berlangsung meriah dan lancar. Di sela-sela kegiatan, diisi dengan ice breaking dan yel-yel agar peserta tetap semangat. Salah satu peserta workshop menyampaikan kesannya agar acara seperti ini perlu dilaksanakan secara rutin, sebagai sarana komunikasi dan wadah pengembangan diri bagi rekan guru BK yang lainnya. MGBK sebagai organisasi profesi mampu membantu anggotanya agar dapat meningkatkan kompetensi dan memenuhi kebutuhan dalam pengembangan profesinya.

Dalam kegiatan tersebut, sekalian dilaksanakan reorganisasi kepengurusan MGBK SMK Surakarta yang telah habis masa baktinya di tahun 2023 ini. Pemilihan ketua MGBK, sesuai kesepakatan, tidak dipilih berdasarkan voting, tetapi secara aklamasi. Pertimbangannya adalah untuk efisiensi waktu dan melihat rekam jejak keaktifan pengurus MGBK selama ini dan sudah dikader sebelumnya. Adapun MGBK SMK Kota Surakarta sepakat menunjuk Bpk Exsantosa, S. Pd, M. Si, dari SMK Negeri 5 Surakarta selaku ketua I. Ibu Rimayanti, S. Pd, M. Pd dari SMK Negeri 6 Surakarta selaku ketua II.  Harapannya semoga MGBK SMK Kota Surakarta semakin maju, berprestasi dan berkiprah, minimal di tingkat provinsi.

 

Oleh: Rimayanti, S.Pd., M.Pd.