Siswa DKV Belajar Branding Logo Bareng Desainer Profesional

Surakarta, 25 Oktober 2023 – SMK N 6 Surakarta menyelenggarakan kegiatan Guru Industri Mengajar dengan tema Branding Logo pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 di Aula SMK N 6 Surakarta. Kegiatan ini diikuti oleh siswa dari kelas X dan XI DKV, sejumlah 142 siswa.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Mas Reval Nugroho, seorang Logo Design Enthusiast dan pemilik akun instagram @revdesain.id. Mas Reval yang juga alumni SMK N 6 Surakarta ini adalah desainer grafis spesialis dalam pembuatan Logo suatu Brand. Narasumber menyampaikan materi tentang hal-hal yang perlu diketahui untuk bisa menjadi desainer logo, mulai dari pengertian, fungsi, jenis logo, langkah pembuatan, hingga tips dan trik untuk mendapatkan penghasilan dari desainer logo.

Dalam pemaparannya, Mas Reval menekankan pentingnya branding logo bagi sebuah perusahaan atau organisasi. Logo yang efektif dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk membangun identitas merek/brand, menarik perhatian konsumen, dan meningkatkan positioning suatu brand.

Para siswa sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Mas Reval. Mereka aktif mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang branding logo.

Di akhir kegiatan, peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan materi yang telah disampaikan. Mereka diminta untuk re-branding logo sebuah UMKM yang bergerak di bidang olahraga.

Kegiatan Guru Industri Mengajar ini merupakan salah satu upaya SMK N 6 Surakarta untuk meningkatkan kompetensi siswa di bidang keahliannya masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi siswa untuk memasuki dunia kerja.

Setelah mengikuti kegiatan Guru Industri Mengajar, peserta memberikan beberapa saran untuk kegiatan serupa di masa depan. Berikut adalah beberapa saran tersebut:

Peserta berharap agar kegiatan serupa di masa depan dapat melibatkan lebih banyak praktik, lebih interaktif dan dapat berlangsung lebih lama. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk menerapkan materi yang telah disampaikan, meningkatkan partisipasi peserta serta membuat kegiatan lebih menarik juga memberikan waktu yang lebih banyak bagi peserta untuk mempelajari materi yang disampaikan.

-atikawidy-