WORKSHOP E-RAPORT SMK VERSI 7.0.3 SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Pada hari Senin tanggal 20 November 2023 mulai pukul 13.00 WIB, telah dilaksanakan workshop e-raport versi 7. Aplikasi e-rapor merupakan opsi alat bantu bagi guru dan satuan pendidikan melakukan pelaporan hasil belajar peserta didik untuk disampaikan kepada orang tua atau wali murid. MC untuk acara workshop kali ini adalah ibu Kristyaningsih, S.S., M.Pd, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMKN 6 Surakarta yang diwakili oleh Waka bidang Kurikulum ibu Prihatin Darsini, S.ST. Par. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, dan pembacaan doa yang dipimpin oleh bapak Muhammad Syaifudin, S.Pd.I.

Pengisi materi pada workshop e-raport adalah Bapak Cicik Heriyanto dari SMKN 5 Surakarta. Beliau memaparkan tentang aplikasi dapodik versi terbaru yaitu versi 7.0.3 dan proses pengisian e-raport. Aplikasi e-raport versi ini sudah terkoneksi dengan dapodik, sehingga semua data harus valid terlebih dahulu agar bisa terbaca pada aplikasi e-raport. Masing-masing guru sudah memiliki e-mail akun dan password untuk masuk pada aplikasi e-raport versi 7.0.3.

Pada workshop hari ini, semua guru juga mempraktikkan pengisian e-raport mulai dari mengedit dan menambah data tujuan pembelajaran hingga memasukkan asesmen sumatif. Semua guru langsung praktik pada laptop masing-masing, berdiskusi, dan melakukan tanya jawab.

Selanjutnya ibu Prihatin mencoba memaparkan hasil latihan pengisian e-raport mulai dari tujuan pembelajaran hingga asesmen sumatif di depan, untuk selanjutnya dijadikan contoh bagi bapak/ibu guru lainnya. Workshop ditutup pukul 15.30 WIB dengan foto bersama.

Penulis: ARNENIA ANJANI PUTRI, S.Pd.