SURVEY LAPANGAN OLEH KIR/MADING VISKA

Surakarta — Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja dan Mading melaksanakan salah satu program kerja untuk menutup akhir tahunnya dengan melakukan Survey Lapangan ke Museum Radya Pustaka dan Cinema XXI. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, tanggal 21 Desember 2023, pukul 09.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB yang diikuti oleh anggota Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja dan Mading.

Mulanya kegiatan ini diawali dengan mengisi presensi kehadiran untuk seluruh anggota. Disambung dengan mengunjungi Museum Radya Pustaka untuk membuat teks Laporan Hasil Observasi bagi anggota kelas 10. Banyak terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah yang ada di Museum Radya Pustaka. Ada pula sejarah singkat yang tertulis pada sekitar peninggalan bersejarah tersebut. Tak ingin melewatkan kesempatan ini, ada baiknya untuk melakukan dokumentasi di area Museum Radya Pustaka sekaligus membaca sejarah-sejarahnya.

Museum yang didirikan pada masa pemerintahan Pakubuwono IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV ini menyimpan banyak sekali peninggalan bersejarah. Misalnya saja arca, pusaka adat, wayang kulit, hingga buku-buku kuno. Selain itu, terdapat Kyai Rajamala yang berada di kamar bagian barat, yakni terdapat sebuah patung kepala raksasa yang terbuat dari kayu dan merupakan hasil karya Pakubuwono V.

Tidak sampai disitu saja, kegiatan kunjungan masih berlanjut ke Cinema XXI untuk menonton film guna menyelesaikan tugas Resensi Film bagi anggota kelas 11. Sesuai dengan perhitungan suara, telah ditetapkan untuk menyaksikan film Aquaman and the Lost Kingdom. Sebelum menonton film, seluruh anggota diarahkan untuk ishoma terlebih dahulu. Kemudian, dibagikan tiket untuk dapat menyaksikan film tersebut.

Film Aquaman and the Lost Kingdom telah ditayangkan dan seluruh anggota menyaksikan dengan perasaan yang berdebar karena adegan-adegan yang seru dan menegangkan. Film ini sangat cocok untuk pecinta film genre action dan thriller.

Alur cerita yang bagus dan pelajaran baik dari film tersebut dapat dijadikan bahan untuk belajar menulis resensi atau teks ulasan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat seluruh anggota, semakin menumbuhkan kecintaan menulis, memperkaya wawasan dan pengetahuan, serta menambah kemampuan berpikir kritis.

 

Oleh: Inaya Kalila (XI MPLB 1) dan Novi Iswandari, S.Pd.