APEL PAGI BERSAMA BAPAK KABID PEMBINAAN SMK DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH

Ada momentum yang istimewa di hari pertama bulan Agustus yaitu Kamis Pagi, tanggal 1 Agustus 2024. Momen yang tak biasa terjadi selayaknya runtinitas harian di SMK Negeri 6 Surakarta. Apel pagi bersama tamu istimewa yaitu kerawuhan Bapak Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yaitu Bapak Ainur Rojik, S.Pd. M.Eng.

Apel pagi merupakan sebuah kegiatan rutinitas yang sering dilakukan di SMK Negeri 6 Surakarta. Tujuannya adalah mempresisikan semua program kegiatan sekolah agar terlaksana dengan baik sesuai ekspektasi yang telah direncanakan di semua lini SMK Negeri 6 Surakarta. Salah satunya adalah pembentukan dan pembinaan karakter guru dan karyawan serta siswa SMK Negeri 6 Surakarta.

Membentuk warga sekolah yang bijak dan berkarakter unggul tentu harus diniatpraktikkan sedini mungkin secara masif dan berkelanjutan. Apel pagi, upacara bendera, among siswa, saling sapa, adalah bentuk dari kegiatan pembentukan karakter unggul yang harus selalu desematkan dalam diri masing-masing warga sekolah.

Diawali dengan kegiatan among siswa  yang dilakukan siswa, guru, dan kepala sekolah di pintu gerbang sekolah adalah sebuah potret penerapan pembentukan warga sekolah berkarakter. Melalui aksi nyata tersebut siswa tidak hanya sekedar tahu apa itu perilaku unggul namun juga mampu meniru dan mempraktikkan betapa pentingnya dan indahnya berperilaku santun dan beradab di sekolah.

Gambar 1.  Among Siswa bersama Kepala Sekolah

Kehadiran Bapak Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah di tengah-tengah siswa dan bapak/ibu guru SMK Negeri 6 Surakarta membuat suasana pagi di SMK Viska semakin semarak dan bahagia. Berbalut busana tradisional memperkuat karakter  guru yang tidak hanya cerdas namun juga beradab dan berkarakter unggul. Handarbeni budaya adiluhung peninggalan para dwija leluhur adalah wujud nyata generasi bangsa siap nguri-uri dan menjaga warisan bangsa tersebut.

Kehadiran Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah diterima langsung oleh Kepala SMK Negeri 6 Surakarta Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si M.Pd. dengan senyum bahagia. Sebuah momentum yang langka yag mungkin belum tentu semua sekolah disinggahi oleh kehadiran beliau. Berbincang berdua sambil menikmati suasana asri taman SMK Negeri 6 Surakarta sebelum masuk ke Aula memberi wejangan tausiah pagi kepada bapak/ibu guru SMK Negeri 6 Surakarta.

Gambar 2. Kepala Sekolah Menyambut Bapak Kabid SMK

Gambar 3. Bincang-bincang sebelum acara Apel bersama Kabid Pembinaan SMK

Suasana hangat penuh senyum bapak/ibu guru menyambut kehadiran Bapak Kabid SMK di aula SMK Viska. Apel pagi yang biasanya dilapangan tengah ternyata diubah di aula. Acara apel langsung dimulai dengan sambutan dari Kapala SMK Negeri 6 Surakarta yang intinya memberikan ucapan sugeng rawuh kepada Bapak Kabid dan meminta ke Beliau untuk memberikan wejangan apel kaitannya penanaman karakter unggul.

Acara kedua adalah wejangan tausiah dari Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Bapak Ainur Rojik, S.Pd. M.Eng dengan suasana keakraban sehingga suasana Aula terasa lebih hangat layaknya kehangatan dalam sebuah keluarga besar. Dalam wejangan tausiah Apel beliau menyampaikan betapa pentingnya setiap guru dan siswa memiliki dan membangun penguatan pendidikan karakter yaitu cerdas pintar dan jujur. Profesi guru adalah profesi yang mulia yang tidak bias dimiliki oleh profesi-profesi lainnya. Guru harus mampu mendidik, mengarahkan dan mengajari dirinya sendiri maupun orang lain terutama siswa dengan cara selalu mengembangkan diri dengan mengupdate informasi ditengah perkembangan peradaban teknologi yang semakin pesat. Belum maksimalnya guru berliterasi akan menjadikan guru belum maksimal memahami informasi penting yang bergerak seiring pergerakan waktu. Oleh karena itu, peletakkan kesadaran diri untuk selalu belajar menyerap informasi akan memperluas wawasan guru dalam menandur karakter siswa yang cerdas, pintar, dan unggul.

Gambar 4. Wejangan Tausiah Apel Pagi

Setelah melakukan komunikasi Tanya jawab dengan peserta apel, tepat pukul 08 00 kegiatan apel bersama Bapak Kepala Bidang pembinaan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah diakhiri dengan acara foto bareng. Bapak Kabid akan melanjutkan kegiatannya di Taman Budaya Jawa Tengah. Terimakasih Bapak Ainur Rojik, S.Pd. M.Eng atas wejangannya, semoga selalu pinaringan sehat dan bahagia. “Wejangan Tausiah Panjenengan adalah inspirasi kami untuk berliterasi” (Anonimus De Alaska)

Salam Literasi.

Gambar 5. Foto bersama guru, KS, dan Bapak Kabid SMK