Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Menyiapkan siswa di bidang kesekretariatan, bidang perkantoran serta mampu mengelola rapat/meeting dan membantu manajer dalam kegiatan kantor (schedulling, managerial, administrating and small financial).

KOMPETENSI / MATERI YANG DIAJARKAN :

  1. Pengantar Ekonomi Bisnis
  2. Pengantar Administrasi Perkantoran
  3. Pengantar Akuntansi
  4. Otomatisasi Perkantoran
  5. Korespondensi
  6. Kearsipan
  7. Simulasi Digital
  8. Administrasi Kepegawaian
  9. Administrasi Keuangan
  10. Administrasi Sarana Prasarana
  11. Administrasi Humas dan Keprotokolan

Prospek Kerja SMK Jurusan OTKP

Selain mendapatkan pengetahuan tentang teori tata kelola perkantoran, para siswa juga dibekali dengan keterampilan dengan kegiatan Prakerin. Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri. Para siswa jurusan OTKP akan ditempatkan di kantor atau perusahaan untuk mempraktekkan secara langsung teori-teori yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Harapannya kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan mutu para siswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan OTKP :

  • Sekretaris
    Seorang sekretaris bertugas untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan perusahaan, termasuk juga mengatur jadwal atasan.
  • Asisten Sekretaris
    Tugas sebagai seorang asisten sekretaris, adalah menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.
  • Resepsionis
    Seorang resepsionis harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Seorang resepsionis pasti akan banyak dicari karena setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti akan membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.
  • Staff Personalia
    Jabatan staff personalia berbeda dengan HRD. Staff personalia bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran-pembayaran lainnya. Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.
  • Staff Operasional Pameran
    Seorang staff operasional pameran bertugas untuk menjaga kelancaran acara atau pameran.
  • Personal Assistant
    Personal Assistant atau Asisten Pribadi adalah orang yang bertugas untuk mengurus urusan pekerjaan dan bahkan urusan pribadi atasan mereka.
  • Seksi Hubungan Massa
    Seksi hubungan massa bertugas untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan dengan dunia luar.
  • Wirausaha
    Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama tiga tahun pembelajaran, para lulusan SMK Jurusan OTKP tidak harus bekerja di perusahaan. Mereka bisa membuka peluang kerja sendiri, misalnya dengan membuka jasa event organizer. Berbekal kemampuan multitasking, ketelitian, dan kemampuan mengorganisir yang baik, mereka bisa mengembangkannya dengan membuka usaha sendiri.