Produksi Program Film Pertelevisian (Broadcast) 4 Th

Dunia siaran memiliki peran besar dalam mendukung terbentuknya civil society Indonesia yang kuat. Dunia atau media siaran (elektronik dan cetak) memiliki fungsi sebagai pilar ke empat demokrasi. Selain itu, ia juga merupakan alat penyampai informasi ke dan dari masyarakat kepada khalayak (mass media) secara efisien dan efektif.

 

Untuk mencapai sasaran yang terarah dan pasti pengembangan SMK Broadcast Pertelevisian harus terpadu dan terarah. Dengan fokus pembelajarannya adalah meliputi 8 bidang mata diklat yakni:

  1. Fotografi
  2. Manajemen Produksi
  3. Penulisan Nasakah TV
  4. Videografi (Tata Kamera dan Tata cahaya)
  5. Tata Artistik
  6. Penyutradaraan
  7. Tata Suara dan
  8. Editing

8 bidang ini adalah pilar bagi peserta didik agar belajar secara maksimal dibidang broadcast pertelevisian yakni membuat program acara televisi (Drama, Nondrama, dan News & Sport) bukan membuat pemancar televisi.

Jurusan SMK Broadcast juga menjadi salah satu jurusan SMK yang menjanjikan. Seperti yang kita sadari sendiri bahwa setiap hari media massa terutama televisi dan radio tumbuh dengan pesatnya. Bahkan saat ini televisi telah merambah ke dunia maya seeprti adanya saluran televisi streaming.

Dan semua yang dibutuhkan media penyiaran atau televisi tersebut adalah tenaga broadcaster yang professional. SMK dengan kejurusan yang diajarkan selama tiga tahun akan membentuk tenaga kerja yang profesional. Dengan kata lain jurusan SMK Broadcasting akan sanagt dibutuhkan pada era kebebasan pers seperti saat ini. Tidak sampai disitu, lulusan jurusan Broadcasting juga bisa bekerja di production house yang tidak kalah maraknya seiring banyaknya program televisi.