Rekayasa Perangkat Lunak

Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu kompetensi keahlian dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. Lulusan RPL dewasa ini sangat dibutuhkan untuk menjawab banyaknya kebutuhan industri bagi ketersediaan tenaga Teknisi dalam bidang pengembangan software.

Garis Besar Kerangka Kurikulum RPL :

1)      Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)

2)      Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web/Mobile)

3)      Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan database

Berikut pekerjaan yang dapat ditekuni oleh  Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak antara lain :

Programmer, Tugas Programmer :

a. Merancang dan membuat software (lebih pada tahap construction) dengan menulis  coding  menggunakan bahasa      pemrograman tertentu .

 b. Mengimplementasikan algoritmanya pada computer

c. Melakukan testing terhadap software yang telah diciptakan sebelummnya .

Software Engineer, Tugas Software Enginner

a. Melakukan semua tugas yang dilakukan programmer

b. Merekomendasikan dan menerapkan metedologi terbaik dalam sebuah project pembuatan software

Database Engineer / Database Administrator

data engineer bisa diartikan sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap infrastruktur data di sebuah perusahaan.

Mereka bertugas membangun sistem atau infrastruktur yang berkaitan dengan volume data dalam jumlah besar.

Infrastruktur ini bisa berupa database, pipeline, data warehouse, maupun sistem lainnya yang dirancang untuk memproses data berskala besar.

Software Tester

Tugas utama software tester adalah melakukan pengecekan atau testing terdapa bug atau kesalahan di dalam sebuah  program atau software. Jadi, keberhasilan software tester adalah kegagalan bagi developer, sebaliknya demikian.
Namun, pada dasarnya keberhasilan software tester ataupun keberhasilan developer memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membuat sebuah aplikasi atau software bebas dari bug (meskipun sebenarnya tidak ada aplikasi yang bisa benar-benar bebas dari bug).
Banyak orang yang berpikir bahwa tugas software tester adalah tugas yang sangat mudah, namun pada kenyataannya tugas software tester adalah tugas yang sulit dan memiliki tanggungjawab yang besar terhadap keberhasilan sebuah produk IT.
Selain harus memiliki kesabaran dan ketelitian, seorang softawre tester juga dituntut untuk proaktif dan memiliki kreatifitas imajinasi yang tinggi

Game Developer

Game developer adalah seorang software developer dengan keahlian dibidang pembuatan video game. Pekerjaan spesifik dari game developer adalah pembuat video game. Para game developer menciptakan software untuk berbagai jenis permainan yang dapat diakses melalui berbagai device, mulai dari device permainan video game seperti Playstation atau Nintendo, smartphone (iOS ataupun Android), hingga device berbasis PC atau laptop.

Sebagai game developer, kamu dituntut untuk mempelajari konsep-konsep penting dari pembuatan sebuah aplikasi game, serta memberikan detail kode juga program coding maupun programming. Selain menciptakan konsep game secara utuh, seorang game developer juga memasuki ranah pembuatan audio yang tepat, desain grafis, seni visual, dan produksi aplikasi. Itulah mengapa seorang game developer bukan hanya dituntut untuk menguasai kemampuan pemrograman saja, tetapi juga dituntut untuk memiliki cita rasa seni dan juga kecintaan pada game.

Web Development

Web Developer adalah Pengembang Web yang bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Kebanyakan mereka dipekerjakan oleh perusahaan khusus dalam pengembangan perangkat lunak, TI, atau konsultasi komputer. Namun beberapa pengembang web bekerja sebagai seorang freelancer, Jadi tidak terikat pada perusahaan, melainkan terikat pada clientnya.

Fokus utama seorang web developer adalah harus selalu menciptakan aplikasi dan layanan web yang konsisten dan efisien. Pengembang Web wajib berusaha memberikan dan memenuhi kebutuhan klien mereka.

Konsultan IT

biasanya bekerja sebagai jembatan antara tim teknis dan anggota staf untuk mengetahui kebutuhan model dan strategi bisnis klien. Keberadaan seorang konsultan IT di Indonesia tidak terlihat sebagai suatu profesi yang asing, bahkan banyak perusahaan yang menyediakan jasa konsultan dalam bidang teknologi