Usaha Perjalanan Wisata

Menyiapkan siswa menjadi kompeten di bidang pariwisata, perjalanan wisata, kemampuan memandu wisata dan ticketing penerbangan baik domestik maupun internasional serta mengelola tamu di acara MICE Tourism.

Peserta didik di kompetensi keahlian  ini dibekali kompetensi dalam melakukan pelayanan dibidang Usaha Perjalanan Wisata.

Kompetensi yang dikuasai berawal dari menerima dan memproses reservasi tiket sesuai permintaan pelanggan, mengurus transportasi perjalanan domestic maupun internasional beserta dokumen-dokumen yang berhubungan, menjadi pemandu wisata baik perjalanan wisata maupun aktraksi / obyek wisata, layanan transfer, menghitung harga paket perjalanan dan menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata, menjual produk wisata dan melaksanakan tugas tata operasi darat (ground handling) dan sebagai pengelola informasi wisata.

Praktik Kerja Industri sebagai tempat belajar ke dua setelah di sekolah bagi jurusan ini untuk menguasai kompetensi yang tidak diperoleh disekolah. Praktik kerja industri dilaksanakan di berbagai perusahaan penerbangan, biro perjalanan wisata dan perusahaan sejenis.

Kompetensi Tamatan :

  1. Guiding
  2. Ticketing
  3. Tour Planning
  4. Mice

Lapangan Kerja :

  1. Hotel
  2. Travel
  3. Airline
  4. Kapal Pesiar
  5. Event Organizer
  6. Mandiri