Workshop Penguatan ISO 9001-2008

Guru SMKN 6 Surakarta bersama SMK Aliansi hari ini Sabtu, 28 Januari 2012 mengadakan workshop tentang Penguatan Manajemen ISO 9001-2008 di Rumah Makan Cha Cha Karanganyar.

Gedung Rumah Makan Cha Cha tempat Workshop ISO

Papan Nama Workshop ISO – 9001-2008 di Cha Cha Karanganyar

Acara yang diikuti oleh 50 orang guru dari ketua Unit Kerja diselanggarakan mulai pukul 12.30 WIB sampai 16.00. Dibuka oleh kepala sekolah SMKN 6 Surakarta yang mengantarkan sambutan bahwa ISO itu adalah pengelolaan manajemen pendidikan yang mudah dipahami dan dilaksanakan yakni PDCA (Plan Do Check dan Action).

Pembukaan Workshop oleh Ibu Kepala SMK N 6 Surakarta

Pemaparan ISO 9001-2008 oleh Bp.Rully Trisno Umoro Sebagai QMR

Selanjutnya bapak Rully selaku QMR mengantarkan materi mengenai penguatan ISO 9001-2008. Materi yang disampaikan meliputi : Sasaran Mutu, Rencana Operasi, IK dan SOP pada ISO ini.

Peserta Workshop ISO

Sehubungan dengan rencana ISO yang akan ditingkatkan, SMKN 6 Surakarta akan mengupgrade ISO menjadi IWA2 di tahun ini. Sedianya ISO document akan ditanam pada server.Acara selanjutnya adalah tanya jawab mulai dari masing-masing unit kerja !

Bp. Darsono menanyakan ISO 9001-2008 dengan IWA2

Ibu Yayuk dari SMK Batik Ska (SMK Aliansi) mengambil sesi tanya jawab

Ketua panitia Workshop menyampaikan laporan Pelaksanaan kegiatan

Workshop Kewirausahaan Bagi Alumni

Kami sampaikan kepada seluruh alumni SMK, bahwa pemkot surakarta, akan mengadakan workshop kewirausahaan kepada seluruh alumni SMK, baik dalam kota Surakarta dan sekitarnya, adapun jumlah alumni yang akan di workshop sebanyak 1.000 (seribu) orang, selain akan diadakan workshop kewirausahaan, masing-masing alumni SMK yang mengikuti workshop akan diberikan modal usaha sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah), waktu workshop dalam waktu dekat, bagi yang berminat (cantumkan nama = , smk =, no.kontak =,) , untuk konfermasi ke no. telpon 0271-727005 atau email muh.kasmadi@gmail.com, bagi temen-temen yang membaca informasi ini, mohon bantuan untuk diserbarluaskan kepada temen-temen yang lain, demikian atas kerjasama dan perhatian diucapkan terima kasih.

Workshop "Partnership with Industry"

Pada hari ini  Sabtu, 13 Oktobr 2012 SMK N 6 Surakarta mengadakan sinkronisasi kurikulum dengan industry. Sebanyak 100 industri dari berbagai bidang (Akuntansi, Perkantoran, Pemasaran, Pariwisata dan Multimedia) di Taman Sari Karanganyar.

Tujuan workshop adalah menyatukan pandangan, kesamaan persepsi serta peluang yang bisa dimunculkan dalam forum ini untuk kemajuan siswa sebagai peserta didik.

Dalam hal ini, acara dibuka bapak Drs. Arif Suhardi, MPd sebagai ketua panitia yang menyambut selamat datang atas kedatangan tamu (dunia industri) bersedia hadir dalam acara ini.

Acara kedua adalah sambutan kepala sekolah Dra.Sri Supartini, MM, beliau berpesan bahwa Dudi diharapkan dapat memberikan pelatihan dan pekerjaan yang selaras dengan kompetensi siswa, serta mendukung program sekolah dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kemajuan siswa sebagai aset bangsa.

Acara dilanjutkan dengan sambutan kepala dinas Dikpora Drs.Rachmad Soetomo, MPd, beliau mengatakan sebuah tantangan bagi SMK 6 Surakarta untuk meningkatka proses belajar mengajar berbasis IT, termasuk juga tantang untuk meningkatkan belajar siswa dengan referensi seribu buku.

Seterusnya adalah presentasi beberapa dunia industri mulai dari Akuntansi (BPR Karanganyar)…… Viscocity (Multimedia) dst.

Siswa SMK6 Ska ikut lomba Spanduk di HUT TNI

Pada hari Selasa, 16 Oktober 2012 sebanyak 9 orang atau 3 tim siswa SMK 6 Surakarta mengikuti lomba pembuatan spanduk dalam rangka memeriahkan HUT TNI di Makorem Surakarta. Acara yang didukung penuh oleh Makorem ini mengangkat tema "kota Solo cinta Damai".

Lomba desain spanduk diikuti oleh 50 peserta dari berbagai SMK/SMA se Solo Raya kali ini dimenangkan oleh SMK Negeri 1 Klaten sebagai juara 1, juara 2 adalah SMA 5 Surakarta dan juara 3 SMA 1 Surakarta.

Selain lomba desain, dilombakan pula paduan suara dan lomba baris berbasis.

Kunjungan dari SMK N 1 Blora

SMKN 6 Surakarta hari ini, Sabtu, 20 Oktober 2012 menerima kunjungan dari guru SMKN 1 Blora. Sebanyak 30 orang guru dari SMKN 1 Blora datang bersama rombongan untuk melihat lebih dekat SMKN 6 Surakarta utamanya bidang kegiatan belajar mengajar, peralatan, sarana prasarana dan kegiatan workshop Pertokoan.

 

Guru tamu Kewirausahaan

 

Dalam rangka mempersiapkan siswa SMKN 6 Surakarta menjadi Wirausaha/Pengusaha yang sukses, maka selama 4 hari diadakan guru tamu sebagai berikut :

 

No

 

 

Hari/Tgl

 

Guru Tamu

 

Audience

Bintang Tamu

1.

 

2.

 

3.

 

 

 

4.

Kamis, 27-9-2012

 

Sabtu, 29 -9-2012

 

Kamis, 4-10-2012

 

 

 

Sabtu, 6-10-2012

 

 

Drs. Suharno, MM.Akt

 

Amalia Consulting

 

Sda

sda

 

 

sda

sda

Kelas XII AP = 114 Siswa

 

Kelas XII AK = 119 Siswa

 

Kelas XII PM      =    79 siswa

Kelas XII MM 1 =    32 siswa

                             = 111 siswa

 

Kelas XII UPW      =   93 siswa

Kelas XII MM 2    =    32 siswa

                                = 125 siswa

 

Susu She Jack

 

Nathan Consulting Pajak

 

Dawet d’Keraton

 

 

 

PT. Dua Bersaudara Group

 

Dalam kesempatan tersebut para siswa sangat berantusias dan sebagian besar siswa berkeinginan setelah lulus menjadi pengusaha.

Dalam acara pembukaanya oleh Bapak Drs. H. Yamto Mulyono, M.Pd mewakili Kepala SMK Negeri 6 Surakarta mengharapkan agar siswa mengikuti presentasi dengan baik dan diakhiri mengucapkan semboyan siswa SMK Negeri 6 Surakarta.

  1. Iman dan Taqwa darahku
  2. Bisnis Nafasku
  3. Wirausaha Profesiku

Untuk Itu Aku Harus :

Maju ……….Kaya ……….Berhasil ……………

Guru SMKN 6 Surakarta sharing mengajar di Thailand

Sebanyak 3 orang SMK Negeri 6 Surakarta (Ibu Maria, Ibu Retna, Bp. Darsono) atau 27 orang guru se Jawa Tengah berangkat ke Thailand untuk mengadakan sharing mengajar di Kanchanaburi Thailand mulai tanggal 17 – 24 September 2012. Acara ini disebut “attachment Program” merupakan program tindak lanjut dari kunjungan para kepala sekolah dan para guru se Indonesia ke Thailand beberapa waktu yang lalu.

Kedatangan kami disambut dengan tarian kas dari beberapa jenis tarian daerah yang dipersembahkan oleh para siswa di lapangan terbuka dengan sangat meriah.

Program ini merupakan langkah maju bagi dunia pendidikan kita untuk mengadakan kerjasama dan kesepahaman bersama (MOU) antara SMK Indonesia dengan SMK Thailand.

Kegiatan para guru selama di Thailand adalah :

  • Menemui kedutaan besar Indonesia untuk Thailand di Bangkok
  • Mengikuti seminar sehari bersama Kementrian Pendidikan Thailand di Bangkok
  • Mengikuti seminar sehari bersama kepala sekolah dan kementrian Pendidikan propinsi Kanchanaburi
  • Mengajar di Vocational Kanchanaburi (dibagi sesuai kelompok)
  • Mengadakan diskusi kelompok antara guru SMK Jateng dengan guru SMK Kanchanaburi yang difasilitasi oleh Kementrian Pendidikan Thailand
  • Mengadakan studi tour di beberapa obyek wisata terkenal di Thailand

Ada tiga sekolah yang ditunjuk sebagai tempat sharing mengajar yakni :

  • Kanchanaburi Vocational College
  • Technical Vocational College
  • Agricultural Vocational College

Perjalanan dilakukan pagi hari transit di Jakarta menggunakan pesawat menuju Singapura dan dilanjutkan menuju Thailand.

Para guru Jateng merasakan mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa dari pejabat setingkat Dirjen PSMK mengawal perjalanan dari awal hingga akhir perjalanan dengan layanan penuh suka cita dan tulus sebagai sesama bangsa yang tergabung dalam organisasi ASEAN.

Kami mendapat pesan dari mereka bahwa mereka akan mengadakan kunjungan balik ke Jawa Tengah dalam tahun ini. Semoga kita bisa melayani mereka dengan layanan sebagaimana yang mereka berikan.

Informasi gambar lebih detail pada http://sodkan.blogspot.com/