Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Klik untuk mengunduh brosur MPLB

Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis berkontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai staf administrasi, resepsionis, asisten arsiparis, asisten sekretaris, layanan pelanggan, dan sebagai tenaga operator junior di bidang komputer dan otomatisasi perkantoran yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegosiasi, mampu bekerja dalam tim, mampu mengelola informasi dan gagasan, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

KOMPETENSI / MATERI YANG DIAJARKAN :

  1. Dasar-dasar Kejuruan MPLB
  2. Ekonomi dan Bisnis
  3. Pengelolaan Administrasi Umum
  4. Komunikasi di Tempat Kerja
  5. Pengelolaan Kearsipan
  6. Teknologi Perkantoran
  7. Pengelolaan Rapat/Pertemuan
  8. Administrasi Humas dan Keprotokolan
  9. Pengelolaan Keuangan Sederhana
  10. Administrasi SDM/Kepegawaian
  11. Administrasi Sarana dan Prasarana

Prospek Kerja SMK Jurusan MPLB

Selain mendapatkan pengetahuan tentang teori Manajemen Perkantoran, para siswa juga dibekali dengan keterampilan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan. PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri. Para siswa Program Keahlian MPLB akan ditempatkan di kantor atau perusahaan untuk mempraktekkan secara langsung teori-teori maupun praktek yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Harapannya kegiatan PKL ini dapat meningkatkan mutu para siswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan MPLB :

  • Staf Administrasi

Melakukan aktivitas pembukuan dasar. Merencanakan dan mengatur jalannya rapat atau konferensi. Menulis dan mendistribusikan notulen rapat ke semua pihak yang memerlukannya. Menjaga dokumen perusahaan baik yang bentuknya fisik atau digital.

  • Asisten Sekretaris

Tugas sebagai seorang asisten sekretaris, adalah menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.

  • Resepsionis

Seorang resepsionis harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Seorang resepsionis pasti akan banyak dicari karena setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti akan membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.

  • Staff Personalia

Jabatan staff personalia berbeda dengan HRD. Staff personalia bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran-pembayaran lainnya. Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.

  • Asisten Arsiparis

Jabatan asisten arsiparis bertugas menerima dan membuat arsip dalam upaya menciptakan arsip, memverifikasi autentisitas arsip yang tercipta, melakukan pemberkasan arsip aktif, penataan dan penyimpanan arsip inaktif, melakukan identifikasi dan alih media arsip aktif, arsip inaktif, arsip vital, maupun arsip terjaga..

  • Personal Assistant

Personal Assistant atau Asisten Pribadi adalah orang yang bertugas untuk mengurus urusan pekerjaan dan bahkan urusan pribadi atasan mereka.

  • Layanan Pelanggan

Tugas layanan pelanggan bagian dari Public Relations untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan, memberikan solusi terbaik atas keluhan yang disampaikan konsumen,     memiliki pengetahuan seputar produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan, menjual produk atau jasa.

  • Wirausaha

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama tiga tahun pembelajaran, para lulusan SMK Jurusan OTKP tidak harus bekerja di perusahaan. Mereka bisa membuka peluang kerja sendiri, misalnya dengan membuka jasa event organizer. Berbekal kemampuan multitasking, ketelitian, dan kemampuan mengorganisir yang baik, mereka bisa mengembangkannya dengan membuka usaha sendiri.

 

FASILITAS

  1. Ruang Kelas
  2. Ruang Lab. TUK AP
  3. Ruang Lab Komputer AP (Lab AP 1 dan Lab AP 2)
  4. Uji Sertifikasi Kompetensi melalui LSP P1 SMKN 6 Surakarta

PRESTASI

  1. Tahun 2022, juara 1 Lomba LKS Bidang Lomba Otomatisasi Tata Kelola Perkntoran Tingkat Kota Surakarta.
  2. Tahun 2019, juara 1 LKAP UNS Bidang Lomba Administrasi Perkantoran Tingkat Nasional.
  3. Tahun 2018, juara 1 Lomba LKS Bidang Lomba Bilingual Secretary Tingkat Kota Surakarta.
  4. Tahun 2018, juara 1 Lomba LKAP UNS Bidang Lomba Administrasi Perkantoran Tingkat Nasional.
  5. Tahun 2017, juara 2 Lomba LKAP UNY Bidang Lomba Administrasi Tingkat Nasional.
  6. Tahun 2017, juara 2 Lomba LKAP UNS Bidang Lomba Administrasi Perkantoran Tingkat Nasional.
  7. Tahun 2017, juara 1 Lomba LKS Bidang Lomba Bilingual Secretary Tingkat Kota Surakarta.
  8. Tahun 2016, juara 2 Lomba LSK Bidang Lomba Kesekretarisan Tingkat Nasional.
  9. Tahun 2016, juara 2 Lomba LKS Bidang Lomba Bilingual Secretary Tingkat Propinsi Jawa Tengah.
  10. Tahun 2016, juara 1 Lomba LKS Bidang Lomba Bilingual Secretary Tingkat Kota Surakarta.
  11. Tahun 2016, juara 1 Lomba LKAP UNS Bidang Lomba Administrasi Perkantoran Tingkat Nasional.

GALERI FOTO :