ROHIS

Rohis merupakan singkatan dari Rohani Islam yaitu sebuah organisasi yang dapat membimbing kita untuk memperdalam dan memperkuat ajaran Islam.

Di SMK Negeri 6 Surakarta, Organisasi Rohis dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler di sekolah. Untuk saat ini kegiatan organisasi Rohis dibagi menjadi dua bentuk kegiatan, yaitu kegiatan online dan offline.

Kegiatan online yang dimaksud adalah kegiatan yang dilaksanakan melalui grup WhatsApp, diantaranya seperti One Day One Hadist, Quotes islami, Quiz islami, dan lomba – lomba online untuk memperingati hari besar Islam.

Untuk kegiatan offline Rohis ada berbagai macam kegiatan diantaranya seperti Hadrah, Kaligrafi, Baca tulis Al Qur’an, membersihkan masjid, dan masih banyak lagi. Di bulan Ramadhan kemarin rohis SMK negeri 6 berkesempatan untuk bisa mengadakan kegiatan pesantren kilat, mabit, dan berbagi takjil.

Organisasi Rohis SMK negeri 6 juga memiliki prestasi yang cukup banyak, diantaranya Mendapatkan Piagam penghargaan Program Peduli Bencana Gempa Lombok pada tahun 2018, Mendapatkan sertifikat Safari Dakwah Rohis pada tahun 2019 yang dilaksanakan oleh UKMI Nurul ‘Ilmi IAIN Surakarta, dan mendapatkan beberapa¬† Piala Penghargaan dalam kategori Lomba Tilawah, Tartil, Kaligrafi, LCC, lomba Mading 3 Dimensi, dan masih banyak lagi.

Rohis sendiri memiliki manfaat tersendiri untuk anggota yang mengikuti ekstrakurikuler ini. terutama mengajak kepada kebaikan dengan agenda-agenda yang bermanfaat. Rohis bukan sekadar ekskul biasa. Rohis juga media pengajaran cara berorganisasi dengan baik, pembuatan proposal, bekerja sama dengan tim, dan pendewasaan diri karena dituntut untuk mengutamakan kepentingan kelompok di atas kepentingan pribadi.