Usaha Layanan Pariwisata

Konsentrasi Keahlian Usaha Layanan Wisata

Program keahlian ini menyiapkan siswa menjadi kompeten di bidang pariwisata, perjalanan wisata, kemampuan memandu wisata dan ticketing penerbangan baik domestik maupun internasional serta mengelola event sebagai event organizer.

Peserta didik di kompetensi keahlian ini dibekali kompetensi dalam melakukan pelayanan dibidang Usaha Layanan Wisata. Kompetensi yang dikuasai berawal dari menerima dan memproses reservasi tiket sesuai permintaan pelanggan, mengurus transportasi perjalanan domestic maupun internasional beserta dokumen-dokumen yang berhubungan, menjadi pemandu wisata baik perjalanan wisata maupun aktraksi / obyek wisata, layanan transfer, menghitung harga paket perjalanan dan menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata, menjual produk wisata dan melaksanakan tugas tata operasi darat (ground handling) dan sebagai pengelola informasi wisata.

Praktik Kerja Industri sebagai tempat belajar ke dua setelah di sekolah bagi jurusan ini untuk menguasai kompetensi yang tidak diperoleh disekolah. Praktik kerja industri dilaksanakan di berbagai perusahaan penerbangan, biro perjalanan wisata dan perusahaan sejenis.

Kompetensi Lulusan :

  1. Pemanduan Wisata
  2. Reservasi dan Perhitungan tarif penerbangan, kapal laut, dan transportasi darat
  3. Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata
  4. Pengelolaan pertemuan, event, dan pameran (MICE)
  5. Kewirausahaan

Lapangan Kerja :

  1. Travel Agent
  2. Airline crew/staff
  3. Perusahaan ground handling
  4. Kapal Pesiar
  5. Event Organizer
  6. Berwirausaha

Kegiatan yang mendukung :

Orientasi Industri bagi siswa Kl X ke DUDIKA

Siswa kelas X diberikan kesempatan untuk mengenal DUDIKA melalui program Orientasi Industri dengan cara mengunjungi museum dan destinasi wisata di Kota Solo. Kegiatan ini bertujuan supaya siswa kelas 10 mengenal daerah tujuan wisata di Kota Solo dan utamanya mengetahui profesi yang berhubungan dengan dunia pariwisata sehingga diharapkan mereka mendapatkan gambaran umum tentang industri pariwisata .

Table Manner

Table Manner adalah etika makan yang umum diterapkan saat acara jamuan resmi atau makan formal. Kegiatan ini diberikan pada siswa ULP kelas X untuk membantu memperkaya kehidupan personal dan profesionalisme, baik dalam karier maupun bisnis. Dengan berbekal ilmu etiket di meja makan, siswa bisa mengubah rasa minder menjadi kepercayaan diri yang tinggi sebab siswa tahu bagaimana seharusnya bersikap dan menjaga profesionalisme di segala situasi

Beauty class

Kegiatan beauty class untuk memberi bekal dan memantapkan etika grooming/ penampilan

Kunjungan industri

Kunjungan industri dimaksudkan utk memberikn wawasan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman terhadap situasi dan suasana di tempat kerja secara langsing baik di perusahaan maupun di pengelola obyek wisata..

Kunjungan Industri dilakukan di kelas XI dengan cara mengunjungi daerah tujuan wisata/industri yang sesuai dengan  progran Usaha Layanan Wisata, contohnya museum, biro perjalanan wisata, pusat kuliner dan souvenir di kota-kota seperti Bandung, Surabaya, dan Pulau Bali. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan dan memperdalam pengetahuan dari kegiatan Orientasi Industri secara lebih detil.

Guru tamu

Kegiatan ini diberikan bagi siswa kelas XI dan XII dengan cara mengundang guru tamu yang merupakan praktisi pariwisata yang kompeten dibidangnya, seperti professional guide, tour planner, tour leader, event organiser owner biro perjalanan wisata. Tujuan kegiatan ini adalah menambah pengetahuan siswa dari praktisi langsung.