Tumbuhnya rasa saling menghargai dan terbentuknya budaya baru yang positif serta tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa Indonesia, merupakan salah satu tujuan utama dari karakter Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global yang sesuai dengan pandangan Ki Hadjar Dewantara.
Tiga elemen penting agar tercapai Profil Pelajar Pancasila SMK Negeri 6 Surakarta yang Berkebhinekaan Global, adalah:
- Mengenal dan menghargai budaya
- Kemampuan komunikasi lintas budaya dalam berinteraksi dengan sesama
- Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan
Banyaknya perbedaan yang ada dalam masing-masing kehidupan murid di SMK Negeri 6 Surakarta lebih tertuju pada nilai nasional, yaitu beraneka ragam latar belakang suku bangsa, ras, agama, budaya, bahasa dan lain-lain yang ada di NKRI. Kebhinekaan Global dapat pula diartikan adanya rasa saling menghormati adanya keberagaman. Kebhinekaan Global juga berarti toleransi terhadap perbedaan.
Kegiatan apa saja yang dapat menjadi pembelajaran dan menumbuhkan jiwa berkebhinekaan global di lingkunagan SMK Negeri 6 Surakarta?
- Tidak pilih-pilih teman di sekolah
- Menerapkan toleransi saat literasi masing-masing membaca kitab suci sesuai agama dan kepercayaan yang dianutnya
- Tidak mengganggu jalannya peribadatan orang lain
- Menghormati teman di sekolah yang sedang menjalankan ibadah puasa
- Mempelajari tari daerah lain dengan tujuan untuk melestarikannya (Kalimantan, Papua, Sunda, Jawa, dll)
- Menonton pagelaran kebudayaan nusantara meskipun pertunjukan tersebut bukan berasal dari suku sendiri.
- Mempelajari bahasa asing untuk menjelajah pengetahuan (Inggris, Jepang, Prancis)
- Bersikap terbuka pada perkembangan-perkembangan luar negeri (penguasaan teknologi)
- Menjunjung tinggi budaya lokal (Budayakan 5S: Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun)
- Melaksanakan upacara bendera tiap hari Senin
- Menghargai perbedaan pendapat (Kolaborasi dalam kelompok belajar)
- Mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah
- Menyanyikan lagu bernuansa patriotik dan rasa cinta tanah air
- Mengenalkan beragam keunikan potensi daerah
- Melakukan pameran budaya saat jeda semester
- Mengikuti lomba-lomba kebudayaan
- Melalukan filterisasi terhadap segala pengaruh asing yang masuk ke Indonesia
- Mencintai produk dalam negeri
- Bergaul dengan siapa saja tanpa memandang agama, suku, ras dan sebagainya di lingkungan sekolah
Dengan memiliki jiwa berkebhinekaan global diharapkan siswa SMK Negeri 6 Surakarta tidak kehilangan jati diri bangsanya yang berbhineka. Generasi Profil Pelajar Pancasila diharapkan menjadi generasi yang tumbuh dengan menghargai budayanya sendiri dan tidak menutup pengaruh dari dunia luar. (NN)