Sosok Profil Pelajar Pancasila SMKN 6 Surakarta Dimensi Berkhebinekaan Global

Tumbuhnya rasa saling menghargai dan terbentuknya budaya baru yang positif serta tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa Indonesia, merupakan salah satu tujuan utama dari karakter Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global yang sesuai dengan pandangan Ki Hadjar Dewantara.

Tiga elemen penting agar tercapai Profil Pelajar Pancasila SMK Negeri 6 Surakarta yang Berkebhinekaan Global, adalah:

  1. Mengenal dan menghargai budaya
  2. Kemampuan komunikasi lintas budaya dalam berinteraksi dengan sesama
  3. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan

Banyaknya perbedaan yang ada dalam masing-masing kehidupan murid di SMK Negeri 6 Surakarta lebih tertuju pada nilai nasional, yaitu beraneka ragam latar belakang suku bangsa, ras, agama, budaya, bahasa dan lain-lain yang ada di NKRI. Kebhinekaan Global dapat pula diartikan adanya rasa saling menghormati  adanya keberagaman. Kebhinekaan Global juga berarti toleransi terhadap perbedaan.

Kegiatan apa saja yang dapat menjadi pembelajaran dan menumbuhkan jiwa berkebhinekaan global di lingkunagan SMK Negeri 6 Surakarta?

  1. Tidak pilih-pilih teman di sekolah
  2. Menerapkan toleransi saat literasi masing-masing membaca kitab suci sesuai agama dan kepercayaan yang dianutnya
  3. Tidak mengganggu jalannya peribadatan orang lain
  4. Menghormati teman di sekolah yang sedang menjalankan ibadah puasa
  5. Mempelajari tari daerah lain dengan tujuan untuk melestarikannya (Kalimantan, Papua, Sunda, Jawa, dll)
  6. Menonton pagelaran kebudayaan nusantara meskipun pertunjukan tersebut bukan berasal dari suku sendiri.
  7. Mempelajari bahasa asing untuk menjelajah pengetahuan (Inggris, Jepang, Prancis)
  8. Bersikap terbuka pada perkembangan-perkembangan luar negeri (penguasaan teknologi)
  9. Menjunjung tinggi budaya lokal (Budayakan 5S: Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun)
  10. Melaksanakan upacara bendera tiap hari Senin
  11. Menghargai perbedaan pendapat (Kolaborasi dalam kelompok belajar)
  12. Mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah
  13. Menyanyikan lagu bernuansa patriotik dan rasa cinta tanah air
  14. Mengenalkan beragam keunikan potensi daerah
  15. Melakukan pameran budaya saat jeda semester
  16. Mengikuti lomba-lomba kebudayaan
  17. Melalukan filterisasi terhadap segala pengaruh asing yang masuk ke Indonesia
  18. Mencintai produk dalam negeri
  19. Bergaul dengan siapa saja tanpa memandang agama, suku, ras dan sebagainya di lingkungan sekolah

Dengan memiliki jiwa berkebhinekaan global diharapkan siswa SMK Negeri 6 Surakarta tidak kehilangan jati diri bangsanya yang berbhineka. Generasi Profil Pelajar Pancasila diharapkan menjadi generasi yang tumbuh dengan menghargai budayanya sendiri dan tidak menutup pengaruh dari dunia luar. (NN)

7 Replies to “Sosok Profil Pelajar Pancasila SMKN 6 Surakarta Dimensi Berkhebinekaan Global”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *