Kenapa Harus Menulis?

Antusias murid dalam mengikuti Jum’at tematik pagi ini terasa lebih hidup dan menarik. Pagi ini Jum’at 12 Agustus 2022 di halaman tengah depan perpustakaan SMK Negeri 6 Surakarta seluruh siswa berkumpul sesuai arahan Bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan. Jumat motivasi yang disampaikan oleh sekelompok mahasiswa UNS mengusung tema “Kenapa Harus Menulis?”

Focus penulisan yang dimaksud adalah tentang menulis Motivation Letter. Nah, motivation letter adalah sebuah tulisan yang biasanya berupa esai dengan panjang kata sekitar 500, yang berisi tentang siapa kamu, apa tujuan hidup kamu, latar belakang pendidikan, potensi apa yang kamu miliki, serta apa harapan yang kamu mau ketika melanjutkan studi. Pada dasarnya, motivation letter adalah esai yang menunjukkan cara kamu berpikir.

Motivation letter biasanya dibuat untuk memenuhi syarat pengajuan beasiswa di universitas dalam atau luar negeri, sebagai syarat pengajuan lamaran kerja, sebagai syarat untuk kegiatan sosial, atau pertukaran pelajar.

Selain CV dan motivation letter, sebaiknya juga menyertakan dokumen pendukung lainnya. Sertifikat prestasi, pengalaman kerja, rekomendasi, misalnya.

Agar penulisan motlet lebih menarik, maka belajar menulis dari sekarang sangat diperlukan agar bahasanya lebih bagus. Selain itu juga perlu untuk mengikuti pedoman yang telah ditentukan. Lebih pentingnya lagi harus sesuai dengan pribadi masing-masing. Jangan lupa untuk menggunakan Bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Lebih penting lagi dari semua yang disebutkan di atas adalah tonjolkan kelebihan dalam bidang yang kamu kuasai.

Diselingi yel-yel yang dipandu oleh Reza dari kelas X ULP 2. Semoga sukses untuk reza yang dengan percaya diri berinisiatif memandu teman-teman dalam menyerukan yel-yel.

Motlet dalam bentuk essay, misal membahas tentang mengatasi krisis keuangan membutuhkan cara berpikir yang teratur dan sistematis. Hal tersebut dapat tercermin dalam wawancara dan penulisan essay.

Dari wawancara akan terasa apakah essay asli atau hasil karya orang lain.

Biasanya pemenang lomba essay lebih dilirik oleh perusahaan. Karena mereka ini biasanya kerjanya lebih rapi dan tertata. Mereka yang memiliki prestasi, pengalaman, dan dituangkan dalam essay. Essay lebih ke argumen atas suatu masalah dan didukung dengan fakta-fakta yang ada.

Bentuknya juga lebih sederhana, terdiri dari pendahuluan, isi, penutup.

Punya konsep dasar untuk menulis. Ada ide, tuangkan di KTI. Harus punya satu keunggulan di tulis menulis. Kenapa harus menulis? Karena kita punya tujuan. Agar menjadi yang terbaik, tentunya.

Generasi Penulis Viska!

Suarakan dengan tulisan, selamatkan masa depan! (NN)

6 Replies to “Kenapa Harus Menulis?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *