SMKN 6 SURAKARTA SELENGGARAKAN WORKSHOP CLASSPOINT

 

Bertempat di Aula SMK N 6 Surakarta, Hari Kamis Tanggal 09 Maret 2023, SMK N 6 Surakarta  mengadakan kegiatan Workshop mendesain kelas Interaktif dengan ClassPoint.

Dalam Sambutannya Kepala Sekolah Ibu Dwi Titik Irdiyanti,S.Si, M.Pd  mengajak bapak/ibu guru untuk terus mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan dapat menggunakan berbagai media pembelajaran interaksi salah satunya media ClassPoint sebagai media dalam proses pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, bapak/ ibu guru juga diwajibkan menggunakan media ClassPoint dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sebagai media pembelajaran interaktif. Penggunaan mediainteraktif ClassPoint juga harus dilampirkan dengan  di perangkat ajar setiap guru SMK Negeri 6 Surakarta yaitu Modul Ajar. Hal ini dlakukan agar terdapat kesinkronan antara  perencanaan penggunaan media pembelajaran yang ditulis guru di modul ajar dengan penerapannya  di kelas.

Gambar 1 Direktur ClassPoint Indonesia (Ibu Tya) dan ibu KS

Workshop ini merupakan tindak lanjut dari beberapa kegiatan pengenalan dan pemahaman tentang media ClassPoint yang telah dilakukan sebelumnya  setelah adanya kerjasama  antara  pihak sekolah  dengan pihak ClassPoint Indonesia. Penunjukkan SMK Negeri 6 Surakarta sebagai satu-satunya sekolah pilot project trainer ClassPoint merupakan sebuah kehormatan yang patut dibanggakan dan diapresiasi. Sebuah kesempatan dan sebuah kepercayaan yang  di berikan oelh Direktur ClassPoint Indonesia  Ibu Tya setidaknya  menjadi angin segar untuk melesatkan nama besar SMK Negerti 6 Surakarta sebagai sekolah Vokasi Unggul inspiratif ditingkat lebih tinggi.

Namun, untuk meraih itu semua tentu memerlukan sebuah inisiasi dan eksekusi kegiatan. Berangkat dari apiknya Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasrana yang tersedia, sebuah niatan harus diwujudnyatakan dalam pengetahuan dan keterampilan tentang media ClassPoint. Workshop adalah salah satu media perwujudan penanaman pengetahuan dan keterampilan tentang media ClassPoint.

Gambar 2 Narasumber workshop ClassPoint

Workshop Mendesain Kelas Interaktif dengan ClassPoint diikuti oleh bapak/ibu guru SMK Negeri 6 Surakarta. Workshop yang diselenggarakan di aula besar SMK Negeri 6 Surakarta dimotori oleh dua nara sumber handal. Narasumber dalam kegiatan Workshop ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama di isi oleh Bapak Arif Joko Sukatmo,S.Kom yang menyampaikan materi tentang instalasi class point serta pendaftaran akun untuk bapak ibu guru peserta. Selain itu, Beliau juga menyampaikan materi tentang penerapan Class Point pada saat kegiatan KBM dengan mencantumkannya dimodul ajar mata pelajaran masing-masing.

Pada sesi kedua,narasumber  Ibu Ema Tri Puspita sari,S.Pd,M.Pd menyampaikan materi tentang   cara menggunakan fitur-fitur dari ClassPoint,seperti Multiple choice,word cloud,short answer dan berbagai fitur lainnya yang ada di classpoint. ClassPoint merupakan aplikasi pengaya yang terintegrasi dengan Power Point yang memungkinkan guru dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan tanpa perlu mempelajari aplikasi baru, karena guru-guru sudah terbiasa dan familiar dengan aplikasi Power Point.

Gambar 3 Foto narasumber bersama peserta workshop

Ada banyak fitur tambahan dari Classpoint yang dapat membuat tampilan presentasi Power Point lebih berpower, interaktif dan menyenangkan serta membuat pembelajaran menjadi lebih hidup. Manfaat lainnya adalah ClassPoint juga  mengedukasi siswa untuk menggunakan perangkat handphone lebih sehat dan bermanfaat dalam belajar

Gambar 4 Foto peserta workshop

Dalam kegiatan ini selain benefit ilmu, peserta workshop juga mendapatkan manfaat lain berupa akun pro 3 bulan gratis. Selama belajar bersama, semangat dan rasa penasaran dari bapak ibu guru tentang fitur-fitur yang ada dalam media ClassPoint membuat suasana semakin gayeng dan meriah hingga akhir penutupan kegiatan workshop.  Acara diakhiri dengan foto bersama narasumber dan para peserta workshop

Gambar 5 Foto narasumber bersama peserta workshop

Tetap semangat berkreasi dan berkarya. Berkreasi harga mati, berliterasi tak pernah terhenti. ( Arif Joko Sukatmo_2023)