English Speech Competition di UNISRI, SMKN 6 SURAKARTA sabet juara 2,3 dan harapan 1

Dalam rangka Dies natalis UNISRI, Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang ke 42, salah satu program yang diadakan oleh pihak kampus adalah lomba English Speech Competition yang mengusung tema “The Importance of Education for Generation Z in the Digital Era”. Kompetisi bahasa ini diadakan dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris, dengan tema yang berkaitan erat satu sama lain, yaitu pendidikan, generasi  Z dan era digital. SMK Negeri 6 Surakarta mengirimkan 3 peserta yaitu atas nama Riza Oktaviani dari kelas XII PFPT, Roseana Agil Safitri dari kelas XI PFPT  dan Nirina Putri Ramadani dari kelas XI PFPT .

Kompetisi ini dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu tahap pertama, berupa seleksi online, di mana semua peserta harus mengirimkan video penampilan dengan durasi waktu 2 menit beserta naskah pidatonya. Tahap kedua, berupa seleksi offline dengan mengambil 5 finalis dari sejumlah peserta yang terdaftar dalam seleksi pertama, di mana semua peserta harus menunjukkan kemampuan mereka secara langsung di depan 3 dewan juri yang diikuti dengan sesi tanya jawab (question answer session). Pertanyaan yang diberikan dewan juri seputar teks peserta dan pengetahuan umum.

Dalam seleksi tahap kedua, ketiga wakil dari SMKN 6 Surakarta berhasil masuk ke babak final. Babak Final berlangsung hari ini tadi, Jumat 10 Juni 2022. Bertempat di laboratorium bahasa fakultas Ilmu Komunikasi dan Politik, semua peserta harus tampil di depan 3 dewan juri dan langsung terkoneksi dengan Youtube, sehingga para Pembina beserta audiens bisa mengikuti kompetisi melalui link yang sudah di-share. Para peserta tampil dengan durasi kurang lebih 3 menit yang diikuti dengan sesi tanya jawab kurang lebih 15 menit. Dalam tahap ini diikuti oleh 4 finalis saja karena 1 finalis berhalangan hadir. Hasil seleksi tahap ke 2 langsung diumumkan oleh pihak panitia dengan urutan, peringkat 1  Janise W dari SMA Negeri 1 Wonogiri, peringkat 2 Riza Oktaviani dari SMKN 6 Surakarta, peringkat 3 Roseana Agil Safitri dari SMKN 6 Surakarta serta juara harapan 1 Nirina Putri Ramadani dari SMKN 6 Surakarta.

Keberhasilan perwakilan SMK Negeri 6 Surakarta dalam kompetensi bahasa Inggris kali ini merupakan angin segar bagi aktifitas lomba bahasa Inggris setelah sekian lama vakum dari giat kompetisi bahasa karena pandemi. Sekaligus juga untuk memotivasi seluruh  siswa pada umumnya dan siswa SMKN 6 Surakarta pada khususnya untuk lebih mau belajar dan memperdalam kemampuan serta ketrampilan berbahasa Inggris secara aktif, baik belajar secara mandiri maupun aktif di ekstra kurikuler ELVISKA. Bravo SMKN 6 Surakarta and always gets success!

Ditulis oleh : Hartuti, M.Pd