SMKN 6 SOLO SELENGGARAKAN PPDB ONLINE PENDAMPINGAN TAHUN 2022/2023

Solo, e-Lidiviska. Hiruk pikuk kelulusan dan kenaikan kelas telah berlalu. Satu perjuangan selektif dan kompetitif harus dilalui orang tua beserta siswa yang baru saja lulus SMP. Bergelut menjemput informasi penerimaan siswa baru SMA maupun SMK untuk mendapatkan kesempatan belajar di sekolah terbaik yang diinginkan. Persaingan zonasi (SMA) dan  tempat tinggal terdekat bagi SMK, nilai rapor, nilai ujian sekolah, KIP, prestasi, tentu ini bukanlah hal yang sepele. Dibutuhkan kejelian dan kepiawaian dalam menetapkan sekolah dan jurusan yang akan diambil.

Peluncuran Sistem Aplikasi PPDB  Tahun ajaran 2022/2023 telah dilakukan  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersamaan peresmian SMAN Tawangamangu di Tawangmangu tanggal 15 Juni 2022. Dalam sambutannya, Ganjar berpesan ” Diskusilah dengan orangtua sebelum menentukan pilihan. Karena orangtua punya banyak pertimbangan yang seringkali luput kita perhatikan. Terlepas dari itu semua, merekalah walimu. Merekalah yang bertanggung jawab atas kehidupanmu, selain guru. Ketika seluruh pertimbangan sudah didiskusikan, mantabkan niat dan segeralah melangkah untuk melalui seluruh proses pendaftaran ini.”

Dua bulan sebelum masa pendaftaran siswa baru dibuka, SMK Negeri 6 Surakarta sudah diserbu para orang tua  siswa lulusan SMP yang ingin memasukan anaknya ke SMKN6 Surakarta. Berbagai informasi ditanyakan tentang program keahlian yang tersedia hingga kuota daya tampung PPDB SMKN6 Surakarta  tahun 2022/2023.

Para orang tua CPD baru SMKN6 Surakarta

Terdapat 7 Program Keahlian yang tersedia di SMK Negeri 6 Surakarta dengan total daya tampung 534 siswa. Program Keahlian AKL, MPLB, dan ULP dengan daya tamping masing-masing sebanyak 108 siswa, Pemasaran ( 66 siswa), DKV (72 siswa) dan PPLG serta BC masing-masing berdaya tampung 36. Ketujuh program keahlian tersebut memiliki prestasi dan keunggulan masing-masing yang dapat dijadikan referensi calon siswa menentukan pilihan.

Semenjak peluncuran Aplikasi PPDB 2022/2023 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Proses PPDB di SMK Negeri 6 mengikuti alur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah yaitu laman  https://ppdb.jatengprov.go.id

Suasana semarak kehadiran calon siswa didampingi orang tua berkolaborasi dengan panitia PPDB di hari pertama dimulainya siklus PPDB tahun ajaran 2022/2023. Sambutan hangat Bapak/Ibu guru panitia dan anak OSIS dalam memberikan pelayanan prima sebagai pengejawantahan nilai-nilai Pelajar Pancasila besutan Dra. Dwi Titik Irdiyanti, S.Si. M.Pd. selaku kepala sekolah tentu juga harus diapresiasi.

Penyambutan CPD baru

Diawali dengan Pengajuan akun dan verifikasi berkas  yang dilakukan tanggal 15 s.d.28 Juni 2022. Verifikasi berkas  untuk mendapakan akun  dilakukan secara online terbimbing di SMKN6 Surakarta. Setelah mendapatkan akun, calon siswa melakukan pendaftaran secara online mandiri atau datang langsung ke SMKN6 Surakarta untuk mendapatkan pendampingan mulai tanggal 29 Juni hingga 1 Juli 2022 maksimal pukul 16 00 WIB. Calon peserta didik dapat mendaftar melalui 3 pilihan jalur yaitu Domisili terdekat, Afirmasi, dan Prestasi

Sesuai ketentuan PPDB Provinsi Jawa Tengah,  SMKN6 Surakarta memberi kesempatan ke setiap calon siswa untuk dapat memilih 2 program keahlian dan maksimal pada 2 satuan pendidikan. Ada 7 program keahlian beserta jumlah kuota yang tersedia di SMKN 6 Surakarta yang dapat dipilih calon siswa. Calon siswa juga diberi kesempatan mengubah pilihan kompetensi keahlian selama dalam masa pendaftaran.

Kolaborasi guru dan siswa dalam pendampingan buat Akun CPD baru

Pengumunan hasil PPDB dilakukansecara online pada tanggal 4 Juli 2022 selambat-lambatnya pukul 23 00. Selanjutnya melakukan daftar ulang secara gratis dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan dari tanggal 5 s.d. 7 Juli 2022. Pada hari Senin, 11 Juli 2022 siswa baru SMKN 6 Surakarta sudah memulai kegiatan pembelajaran  untuk tahun pelajaran 2022/2023.

Proses daftar ulang CPD baru SMKN6 Surakarta

Animo calon peserta didik untuk mendaftar ke SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2022/2023 ternyata membludak. Jumlah pendaftar yang memilih SMK Negeri 6 sebagai pilihan pertama dan utama ternyata melampaui target yang diperkirakan sebelumnya. Dari waktu 3 hari pendaftaran yang telah ditentukan, di hari kedua pendaftaran, lebih dari 750 CPD telah terdaftar di aplikasi online. Kuota semua jurusan telah terpenuhi, bahkan melampaui kuota yang tersedia sehingga banyak anak yang terlempar oleh jurnal aplikasi yang terus berputar karena adanya kompetisi yang sehat,ketat, dan alami.

Tidak Salah JIka Ganjar Pranowo selalu mengingatkan bahwa”Ada masa depan yang harus diperjuangkan. Masa depan yang seperti apa, kalian yang menentukan. Tapi seperti apapun masa depan yang kalian inginkan, penguatan pikiran dan mental mutlak harus dilakukan. Dan saat ini, tibalah masanya kalian memasuki ruang penggemblengan pikiran dan mental agar jadi generasi unggulan yang tidak gumunan.”

Selamat Datang Anak-anakku yang terbaik. Selamat bergabung untuk menjadi siswa yang berkualitas terdepan bersama SMKN 6 Surakarta.