Workshop Pemanfaatan Canva For Education

Filosofi sekolah sebagai taman gagasan Ki Hadjar Dewantara, rupanya  betul-betul dihayati dan diwujudkan maknanya dalam kehidupan sehari-hari di SMKN 6 Surakarta. Taman yang indah dan menyenangkan, tercipta bukan hanya untuk murid saja. Bapak ibu guru merasakan kegembiraan yang tidak jauh berbeda dari murid-muridnya.

Terbukti dari kegembiraan yang tergambar siang ini Jum’at, 5 Agustus 2022 di aula SMKN 6 Surakarta. Kegembiraan ini disebabkan oleh workshop yang digawangi oleh bu Widyanti Anggita, S.Pd., ketua program keahlian RPL, sebagai narasumber dan bu Nurul Yuhana, S.Pd., M.Si., coordinator bidang SDM, sebagai pembawa acara. Workshop yang bertajuk PEMANFAATAN CANVA FOR EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN SMK NEGERI 6 SURAKARTA berlangsung hidup dan menceriakan karena mengenalkan tema aplikasi menarik yang dapat mendukung pembelajaran jadi lebih menyenangkan.

Canva merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit foto, video, membuat poster, CV dan lain-lain sesuai kebutuhan. Penggunaan aplikasi ini relative mudah dan sederhana. Canva tidak hanya tersedia untuk versi Android, namun ada juga untuk versi laptop dan PC. Tentu saja pada versi laptop dan PC tampilan yang dihasilkan akan lebih luas karena ukuran layar laptop yang lebih besar dibandingkan layar HP.

Lalu bagaimana cara menginstal Canva di laptop atau PC? Apa spesifikasi minimum dari laptop untuk menginstal aplikasi ini?

Dengan sabar, bu Anggi dan bu Nurul mendampingi dan membantu peserta workshop yang mengalami kendala dalam pengunduhan aplikasi menarik yang diajarkannya ini. Bahkan dibantu juga oleh beberapa guru yang sudah mahir dalam penggunaan aplikasi canva.

Canva adalah aplikasi ringan yang tidak membutuhkan spesifikasi khusus untuk dapat menjalankannya dengan lancar. Namun, ada baiknya jika laptop atau PC menyediakan penyimpanan 6 GB untuk menginstal aplikasi ini.

Cara mengunduh Canva pada laptop adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan laptop terhubung pada internet.
  2. Buka browser dan ketik Canva di kolom pencarian lalu tekan enter
  3. Pilih canva yang berada pada urutan paling atas.
  4. Setelah masuk web resmi Canva, klik mulai unduh.
  5. Setelah proses download selesai, dapat langsung diinstal
  6. Klik dua kali pada aplikasi Canva.
  7. Setelah proses install selesai, maka harus login terlebih dahulu.
  8. Selesai login, maka aplikasi Canva telah siap digunakan.

Maka tak salah jika SMK Negeri 6 terus belajar demi mewujudkan sekolah sebagai taman. Aplikasi Canva dapat menciptakan suasana jadi lebih menarik dan menyenangkan saat proses pembelajaran. (NN)