Kegiatan “Seleksi Siswa AlfaClass” Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 6 Surakarta

AlfaClass Program ini merupakan program pendidikan ritel yang diadakan oleh PT. Sumber Trijaya Tbk (Alfamart) sebagai tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan. AlfaClass Program telah berjalan sejak 2011. Alfamart bekerja sama dengan SMK yang memiliki jurusan Pemasaran, para guru dan siswa dibekali pengetahuan manajemen ritel dan pemasaran. Perusahaan juga membantu pendampingan terhadap pengelolaan Laboratorium Praktek sebagai media praktik belajar siswa di sekolah berupa Toko. AlfaClass merupakan program sosial dari Alfamart yang berbentuk pendidikan bagi siswa-siswa SMK jurusan Pemasaran guna mempersiapkan tenaga-tenaga kerja siap diterjunkan dan dipakai di bidangnya.

Program pendidikan AlfaClass ini dapat menjadi solusi yang baik bagi siswa SMK Negeri 6 Surakarta pada Program Keahlian Pemasaran karena lulusan “AlfaClass” dapat langsung bekerja di Alfamart atau membuka usaha sendiri. Kebutuhan tenaga kerja di industri terbilang besar, dan setiap tahunnya tim operasional Alfamart banyak menerima lulusan dari jenjang pendidikan SMA/ SMK. Program ini dapat memberikan keuntungan dari kedua belah pihak yaitu perusahaan Alfamart membantu dalam menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK dan Alfamart juga mendapatkan tenaga kerja yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Oleh karena itu diperlukan adanya AlfaClass Program pada jurusan Pemasaran di SMK Negeri 6 Surakarta untuk meningkatkan kompetensi siswa jurusan Pemasaran untuk dapat di rekrut bekerja secara langsung di Alfamart.

Sebelum Program AlfaClass dijalankan, Pihak PT. Sumber Trijaya Tbk (Alfamart) melakukan seleksi dan pemilihan untuk siswa dan siswa Jurusan Pemasaran agar dapat melihat potensi pengembangan kompetensinya. Proses seleksi tersebut dijalankan pada Hari Senin, 22 Agustus 2022 di aula SMK Negeri 6 Surakarta yang diikuti oleh Siswa dan Siswi Kelas X dan Kelas XI Pemasaran. Berdasarkan hasil pelaksanaan seleksi tersebut nantinya Siswa dan Siswi yang memenuhi kriteria akan langsung masuk dan mengikuti Program AlfaClass untuk memperoleh pendampingan dari PT. Sumber Trijaya Tbk (Alfamart).