GURU INDUSTRI MENGAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN USAHA LAYANAN PARIWISATA TAHUN AJARAN 2022/2023

Beberapa siswa menggunakan dress code hitam tampak siap di depan pintu aula, sesuai dengan job description masing-masing. Ada yang bertugas sebagai receptionist, ada yang bertugas di bagian presensi, ada juga yang mondar-mandir sesekali telepon, dan ada juga yang bertugas sebagai cameraman dengan camera terkalung di lehernya, layaknya sedang menangani atau kegiatan besar. Demikian gambaran persiapan kegiatan praktik MICE Kelas XII Usaha Perjalanan Wisata  (UPW)  SMK Negeri 6 Surakarta dalam menangani acara Program Guru Industri mengajar, yang merupakan kebijakan sekolah sekaligus program kurikulum baru SMK Pusat Keunggulan, juga sebagai pembaharuan kurikulum lama yang disesuaikan dengan kondisi terkini yang dibutuhkan para siswa sebelum memasuki dunia kerja. Tema yang diambil pada Program Guru Industri Mengajar untuk Kelas XI ULP 1,2,3 yaitu: “Generasi Muda Pariwisata yang Berkarakter Kuat dan Berbudaya Kerja”.


Acara dibuka oleh WKS Humas SMKN 6 Surakarta, IBu E Retna Palupi, SPd, MPd. Dalam sambutannya menyampaiakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para siswa Kompetensi Keahlian UPW, sebagai ajang atau wadah untuk berlatih sebelum benar- benar praktek langsung di lapangan, dan bahkan dapat menghandle kegiatan-kegiatan  di masyarakat.

Kegiatan tersebut merupakan bekal bagi para siswa sebelum  terjun langsung ke dunia kerja. Bekal tersebut antara lain ketrampilan yang sangat dibutuhkan para siswa, selain juga perlu memahami bagaimana budaya kerja dan juga suasana yang tentunya berbeda dengan masa-masa sekolah, dan tidak kalah penting penguatan mental siap kerja.

Adapun tujuan diadakannya Guru Industri Mengajar sebagai narasumber dalam pembelajaran di SMK antara lain:

  1. Melakukan penguatan terhadap pengetahuan, ketrampilan dan budaya kerja dari dunia industri secara langsung
  2. Mendapatkan ilmu baru tentang perkembangan paradigma baru di dunia industri di masa pandemi, khususnya di industri pariwisata.
  3. Membuka wawasan seluas-luasnya tentang kebutuhan peserta didik yang dibutuhkan oleh dunia industri.
  4. Sebagai ajang pembelajaran praktik mata pelajaran MICE bagi sissa kelas XII

Narasumber dari kegiatan ini adalah Bapak   Agung Setyodinoto, Ketua DPC HPI Solo Raya,  Adha Muhammad Hikam (Mahasiswa Jurusan Pariwisata, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gajah Mada) dan Muslich Fathoni (Mahasiswa Jurusan Bisnis Perjalanan Wisata. Fakultas Sekolah Vokasi. Universitas Gajah Mada)

Kegiatan praktik penyelenggaraan event oleh siswa kelas XII UPW pada 7 September 2022 dengan peserta adalah kelas XI Usahaha layanan Pariwisata (ULP). Kegiatan ini merupakan pembelajaran bagaimana merencanakan, mengorganisasi, bargaining, komunikasi dengan kolega dan vendor, dan melaksanakan event sebagai kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa-siswi Usaha Perjalanan Wisata.