Kegiatan P5 Kompetensi Keahlian MPLB

Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka SMKN 6 Surakarta sebagai SMK Pemadanan, pada hari ini Rabu, 5 Oktober 2022 bertempat di di Aula SMK N 6 Surakarta, Kompetensi Keahlian Manajemen Perkantoran & Layanan Bisnis ( MPLB ) melaksanakan serangkaian  Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Kebekerjaan bagi Kelas X MPLB dengan mengundang dan menghadirkan Guru Tamu dari IDUKA ( Industri dan Dunia Kerja ) sebagai nara sumber yaitu kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta yang diwakili oleh Ibu Ibu Marhaeni YUli Astuti, S.H. dan Manajer SOLOPOS Institute yaitu Bapak Sholahuddin, S.Sos, MM, yang diikuti 108 siswa siswi dari kelas X MPLB 1, 2 dan 3 serta didampingi oleh tim guru koordinator kegiatan dan sejumlah guru Kompetensi Keahlian MPLB.

Dalam laporannya, Ketua Kompetensi Keahlian MPLB, Muny Rachimah, SPd, MPd menyampaikan bahwa tujuan dari Projek Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Tema Kebekerjaan ini dimaksudkan agar peserta didik mampu untuk :

  1. Menggali dan mengembangkan potensi peserta didik agar memahami ruang  lingkup dan karakteristik pekerjaan sesuai dengan program keahliannya.
  2. Mengenali minat bakat dalam diri mereka, mimpi dan passion mereka serta tantangan yang akan dihadapi di masa depan, dengan cara menggambarkannya dalam suatu bentuk rencana masa depan dengan membuat River of Life ( Peta Sungai Kehidupan )
  3. Peserta didik mampu memperoleh dan memproses informasi serta gagasan saat mengikuti pembekalan dari Iduka pada hari ini mengenai peluang-peluang pekerjaan dan persyaratannya baik Hardskill maupun Softskill yang diperlukan serta budaya kerja organisasi/perusahaan.

Adapun kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini dilaksanakan selama 4 hari yang diawali dengan Sosialisasi Kegiatan, dilanjutkan Pelaksanaan Kegiatan, kemudian penyusunan laporan dengan membuat River of Life dan diakhiri dengan kegiatan presentasi karya peserta didik. Diharapkan melalui kegiatan P5 ini dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang memiliki 6 dimensi yaitu Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Kreatif dan Bernalar Kritis .