FeMoU PT. SINAR SOSRO

Tujuh Februari 2023 menjadi momen penting bagi BKK Cipta Karya Tama SMK Negeri 6 Surakarta berekspansi dengan dunia industri PT. Sinar Sosro. Kegiatan penandatanganan MoU dilaksanakan di Aula Bappeda Kompleks Balaikota Surakarta. Tepat pukul 09:00 WIB diawali dengan pembukaan, dilanjutkan sambutan dari ketua BKK Kota Surakarta, Nono Budiharto, S.Pd. Beliau melakukan pendataan melalui Ketua BKK di SMK masing-masing untuk mendapatkan data demografi lulusan. Beliau menyampaikan berdasarkan demografi 2023 didapatkan hasil calon lulusan yang berumur 16-17 tahun jumlahnya cukup banyak. Menurut pak Nono, bahwasannya tamatan SMK bisa memasuki dunia industri ketika sudah berumur 18 tahun.

Sambutan berikutnya oleh pengawas SMK Cabdin VII ,Pangarso Yuliatmoko, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya mengatakan bahwa masalah yang muncul terkait keterserapan kerja, antara lain usia belum memenuhi atau kurang dari 17 tahun dan kurikulum industri. Pertama hasil dari sinkronsinasi yang tidak diterapkan di sekolah, kemudian masukan dari industri tidak ditindak lanjuti di sekolah, sehingga berpengaruh pada keterserapan industri. Kedua, animo siswa menurun, sehingga pihak SMK perlu membangun kepercayaan dengan meningkatkan layanan pendidikan. Ketiga, berkurangnya guru produktif, solusinya adalah mendatangkan guru tamu industri. Yang terakhir, tentang  sarana prasarana praktik, “kerjasama dengan industri terkait peralatan praktikum” imbuh pak Pangarso. Penting bagi BKK untuk memasarkan tamatan, inkubasi KWU dengan mendampingi program di sekolah. Beliau juga menyinggung tidak ada lagi idealisme akan tetapi customization yaitu menyesuaikan dengan kemampuan karakteristik sekolah. Misalnya, kelas XI membuat proposal, kemudian di kelas XII membuat laporan terkait modal, omset, ataupun permasalahan selama menjalankan usahanya. Nah, disinilah guru berperan mendampingi dan memfasilitasi penyelesaian permasalahan,menurutnya ini merupakan salah satu strategi pelatihan bagi lulusan yang berumur kurang dari 17 tahun.

Dimas selaku HRD PT. Sinar Sosro wilayah distribusi Jateng dan DIY, menawarkan kerjasama program mitra home delivery (MHD) dan motoris untuk calon lulusan SMK tahun 2023. Perlu kita ketahui pada tahun 1940 di Slawi merupakan cikal bakal PT. Sinar Sosro. Seiring perkembangan tahun dari Slawi hijrah ke Jakarta, sehingga pada 1974 mendapatkan akta company, yaitu berupa legalisasi perusahaan besar. Perekrutan ke depan adalah penjualan magang motoris dengan benefit uang saku, sewa kendaraan, tunjangan komunikasi, BBM, dan intensif inclass training. Kontrak awal adalah 1 tahun, namun apabila dalam 2 bulan track record baik dapat direkrut menjadi karyawan ataupun mitra.

Harapannya, setelah MoU ini dilaksanakan, pihak PT. Sinar Sosro akan mengadakan kunjungan ke sekolah terkait program selanjutnya. PT. Sinar Sosro membutuhkan dukungan human resource dari SMK yang masih aktif maupun tamatan.  Seperti gayung bersambut, Kepala SMK Negeri 6 Surakarta menyambut baik dengan memberikan feedback bahwa SMK Negeri 6 Surakarta siap untuk segera dikunjungi oleh PT Sinar Sosro guna sosialisasi program pemagangan motoris dan mitra home delivery kepada peserta didik.

Ditulis oleh : Istiningtyas