SMK NEGERI 5 SUKOHARJO MENGADAKAN STUDI TIRU USMAN

Hari Rabu, tanggal 8 Pebruari 2023 SMK Negeri 6 Surakarta mendapatkan kunjungan dari SMK Negeri 5 Sukoharjo dalam rangka studi tiru tentang  USMAN . Rombongan tim Bisnis Center yang terdiri dari lima orang yang dipimpin oleh Ibu Ari Kurniawati, SPd, MPd selaku Kepala Sekolah diterima dengan senyum ramah dan ceria oleh Ibu Dwi Titik Irdiyanti SSi, MPd, Kepala SMK Negeri 6 Surakarta.

Dalam sambutannya Ibu Titik menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan dari SMK Negeri 5 Sukoharjo untuk berbagi pengalaman dalam mengelola Bisnis Center,Tefa, dan sekarang sedang perjalanan merintis  USMAN  (Usaha Mandiri). Dalam berbaginya, Ibu Titik menceritakan tentang terbentuknya  USMAN  dan usaha-usaha/ kegiatan dari masing-masing unit kerja/ jurusan yang terwadahi dalam  USMAN , termasuk sistem pengelolaannya yang dipegang oleh tim manajemen  USMAN  yang dpimpin oleh Ibu Widyanti Anggita Lestari, SPd (selaku ketua), dibantu bendahara Ibu Nani Fajarwati, SPd, termasuk anggota tim  USMAN  yang hadir dalam sharing pengalaman studi tiru khususnya dalam menangani Tefa Viskamart, Bapak Dwi safrudin, SPd, yang bertugas mengelola dalam bidang pemasarannya baik secara offline maupun online mengikuti perkembangan zaman saat ini yang dikenal dengan istilah Digital Marketing. Dalam kegiatannya khususnya siswa-siswa jurusan Pemasaran, ikut terlibat dalam memasarkan produk yang ada di toko secara online sebagai praktek belajar pada materi Digital Marketing di Program Keahlian bisnis Daring danPemasaran (BDP).

Setelah tim manajemen  USMAN  di SMK Negeri 6 Surakarta selesai berbagi mengenai kegiatan  USMAN , selanjutnya showing area yakni mengunjungi lab DKV untuk menyaksikan aktiviatas siswa-siswa DKV membuatan/ memproduksi mug dan kaos, mulai dari proses mendesain, mencetak, dilanjutkan dengan pengepresan menggunakan mesin press, bahkan sampai cara memasarkan yang diawali dengan pemotretan untuk pembuatan konten sebagai alat promosi barang yang telah diproduksi. Setelah cukup melakukan sharing dengan ketua Program Keahlian DKV Ibu Yuliani Siyamtiningtyas, SKom, MCs termasuk proses pemasarannya dalam menerapkan ilmu Digital Marketing dan Communication (DMC), rombongan melakukan photo bersama di lobby SMK Negeri 6 Surakarta. #(ERPE)