Ujian Sekolah Sudah Usai, Saatnya Menapaki Medan Baru, Anakku…..

Jum’at, 5 Mei 2023, tepat pukul 16.00 website http://kelulusan.smkn6solo.sch.id/ bisa dibuka oleh para siswa kelas XII dan XIII SMK Negeri 6 Surakarta untuk mengunduh Pengumuman Kelulusan. Seperti tahun sebelumnya, pengumuman kelulusan disampaikan secara daring atau online dengan menggunakan website satuan pendidikan masing-masing.

Kelulusan adalah akhir dari suatu kegiatan sekoah pada satu jenjang pendidikan tertentu. Proses kelulusan siswa dari satuan pendidikan tentunya bukan hal yang mudah, mengingat banyak proses yang harus dilalui, khususnya pada jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Demikian juga di SMK Negeri 6 Surakarta. Beberapa proses yang harus dilalui adalah bahwa semua siswa harus mengikuti dan melaksanakan Ujian Sekolah yang sudah dijadwalkan. Untuk bisa dinyatakan lulus, siswa juga harus mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sesuai program keahlian masing-masing. UKK diikuti oleh semua siswa dan diselenggarakan oleh LSP P1 SMK Negeri 6 Surakarta. Salah satu syarat untuk mengikuti UKK sesuai level KKNI Program Keahlian adalah telah melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) dan tersertifikasi dengan hasil baik dari industri tempat PKL.

Pelaksanaan UKK SMK 6 Surakarta

Pelaksanaan rangkaian ujian tersebut baik Ujian Sekolah maupun UKK dilaksanakan pada rentang bulan Maret – April 2023, dan diikuti oleh 524 siswa, dari kelas XII dan Kelas XIII PFPT, dengan rincian sebagai berikut:

  1. XII AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) sebanyak 108 siswa
  2. XII OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran) sebanyak 107 siswa
  3. XII BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran) sebanyak 70 siswa.
  4. XII UPW (Usaha Perjalanan Wisata) sebanyak 104 siswa.
  5. XII MM (Multimedia) sebanyak 70 siswa
  6. XII RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) sebanyak 33 siswa
  7. XIII PFPT (Produksi Film dan Program Televisi) sebanyak 32 siswa.

Penetapan kelulusan sendiri ditentukan dalam Sidang Pleno Dewan Guru yang dilaksanakan pada Kamis, 4 Mei 2023 berdasarkan Kriteria Kelulusan SMK Negeri 6 Surakarta serta peraturan lebih tinggi yang menjadi dasar penetapan. Dari Hasil Sidang Pleno Dewan Guru, maka sebanyak 524 siswa SMK Negeri 6 Surakarta Kelas XII dan XIII Tahun Pelajaran 2022/2023, dinyatakan LULUS.

Sidang Pleno Kelulusan

Rasa syukur diucapkan oleh para siswa, ketika telah berhasil mengunduh hasil pengumuman pada Jum’at, 5 Mei 2023 dan dinyatakan LULUS. Hal ini tentu dianggap suatu hal yang luar biasa, mengingat bahwa siswa yang dinyatakan lulus pada tahun ini merupakan bagian dari proses pendidikan masa pandemi di saat mereka baru masuk ke jenjang SMK pada saat kelas X dan berlanjut di kelas XI semester gasal. Saat belum selesai mendapatkan bekal produktif lengkap, para siswa diterjunkan ke dunia industri untuk melaksanakan praktek kerja sesuai dengan ketentuan.

Apresiasi dari kami (pihak sekolah) kepada para lulusan, terimakasih kepada semua lulusan yang tidak merayakan kelulusan secara euforia secara sederhana tanpa melakukan konvoi serta melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Kami titipkan satu hal, bahwa kelulusan bukan sebuah akhir dari proses belajar yang kalian lalui, namun merupakan gerbang awal kalian untuk terus belajar dan berproses di lingkungan lebih luas yang tidak dibatasi dengan lingkungan yang bernama sekolah.

Selamat Atas Kelulusan Kalian Semua, Siswa SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Kalian adalah anak-anak hebat dan luar biasa. Teriring do’a, agar kalian semua dimudahkan dan diberikan kelancaran dalam menapaki masa depan yang kalian impikan. Tak ada hal yang membahagiakan bagi guru kalian dan almamater, selain kabar sukses yang akan kalian raih nanti. Kalian semua adalah PEMENANG pada masanya, jangan mudah menyerah, tetap jaga nama baik almamater, dan bersikaplah dengan attitude yang baik dimanapun kalian berada.

 

Ditulis oleh Prihatin Darsini