MANGAYUBAGYO CALON PESERTA DIDIK BARU SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Prosesi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2023/2024 Provinsi Jawa Tengah telah usai. Prosesi pendaftaran yang terarah dan tertata Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan tertib. Perencanaan dan pelaksanaan yang matang dan masif serta terkontrol oleh semua pemangku kepentingan telah memberikan hasil yang terbaik. Semua ini tentu akan menjadi harapan nyata masyarakat untuk memperoleh hak pendidikan secara berkeadilan sesuai UUD 1945 yang menyatakan setiap warga Negara berhak memperoleh pendidikan yang layak dan berkeadilan.

Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo dalam sambutan persiapan PPDB SMA/SMK tahun 2023/2024 menyatakan bahwa dinamika kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah menjadi bagian dari kehidupan keseharian masyarakat pendidikan pada umumnya, harus mampu pula diikuti oleh penyedia layanan pendidikan, baik itu Pemerintah, Pemerintah Daerah, maupun oleh masyarakat. Kondisi ini merupakan sesuatu hal yang wajib diharmonisasikan untuk menjaga gerak penguasaan teknologi dan informasi agar mampu menjawab dan memberikan kemanfaatan yang lebih besar.

Salah satu upaya atas pemanfaatan kemajuan teknologi informasi tersebut adalah  implementasi layanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring, yakni PPDB Daring untuk SMA Negeri dan SMK Negeri di Jawa Tengah Tahun Ajaran 2023/2024. Alasan utama bagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam kerangka pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sistem PPDB Daring yang dirancang secara real time (basic waktu) tentu akan memberikan banyak kesempatan bagi masyarakat pengguna dalam menentukan pilihan studi lanjut bagi Calon Peserta Didik, maupun bagi para orang tua yang melaksanakan tanggungjawabnya terhadap pendidikan putera dan puterinya.

Melalui PPDB Daring, masyarakat pengguna layanan akan dengan cepat mendapatkan informasi, dan pada saat yang bersamaan pula masyarakat memiliki waktu untuk menentukan pilihan-pilihan lain yang tersedia dalam koridor regulasi yang menjadi pedoman utama penyelenggaraan PPDB Daring. Selain itu, Ganjar Pranowo mewanti-wanti hal-hal yang perlu dicatat oleh Calon Peserta didik adalah masa depan yang harus diperjuangkan. Masa depan yang seperti apa, kalian yang menentukan. Tapi seperti apapun masa depan yang kalian inginkan, penguatan pikiran dan mental mutlak harus dilakukan. Dan saat ini, tibalah masanya kalian memasuki ruang penggemblengan pikiran dan mental agar jadi generasi unggulan yang tidak gumunan.

Ganjar juga berpesan ‘Diskusilah dengan orangtua sebelum menentukan pilihan. Karena orangtua punya banyak pertimbangan yang seringkali luput kita perhatikan. Terlepas dari itu semua, merekalah walimu. Merekalah yang bertanggung jawab atas kehidupanmu, selain guru. Ketika seluruh pertimbangan sudah didiskusikan, mantabkan niat dan segeralah melangkah untuk melalui seluruh proses pendaftaran ini’

Proses PPDB tahun 2023/2024 secara Daring yang dipandu oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga telah dilaksanakan di SMK Negeri 6 Surakarta dengan pendampingan secara masif dan terkoordinasi dengan matang. Tahapan-tahapan yang telah ditetapkan dalam petunjuk teknis PPDB juga dilaksanakan secara konsisten dengan memberikan pelayanan secara berjenjang dan berkelanjutan sehingga masyarakat dapat terpandu sesuai alur yang berlaku. Pendampingan secara tepat dan teliti sebagai bentuk pengawasan dilakukan agar prosesi PPDB berjalan secara berkeadilan dan meminimalisasikan kemungkinan terjadinya kecurangan. Prinsip dan slogan “No Titip dan No Jastip” yang diterapkan di SMK Negeri 6 Surakarta yang dicetuskan Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si. M.Pd. sebagai kepala sekolah setidaknya bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan. Hal ini juga untuk mempertegas prinsip dan slogan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yaitu ‘Ora Ngapusi Ora Korupsi’.

Prosesi pengumuman Calon Peserta Didik baru tahun 2023/2024 telah dilakukan tersentral oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 30 Juni 2023. Begitu pula prosesi daftar ulang Calon Peserta Didik Baru SMK Negeri 6 Surakarta dari tanggal 3 hingga 6 Juni 2023 juga berjalan lancar dengan terpenuhinya kuota masing-masing Program Keahlian yang telah ditetap di awal Pendaftaran.

Berikut ini adalah kuota 7 Program Keahlian di SMK Negeri 6 Surakarta yang telah terisi calon peserta didik baru, yaitu:

  1. Akuntansi Keuangan Lembaga ( kuota 108)
  2. Managemen Pengelolaan Layanan Bisnis ( kuota 108)
  3. Usaha Layanan Wisata ( kuota 108)
  4. Pemasaran ( kuota 72)
  5. Desain Komunikasi Visual ( kuota 72)
  6. Broadcasht dan Penyiaran ( kuota 36)
  7. PPLG ( kuota 36)

Kegiatan awal tahun ajaran baru 2023/2024 SMK Negeri 6 Surakarta akan dimulai pada hari Senin, 17 Juli 2023. Diawali dengan pelaksanaan Upacara Bendera yang diikuti semua siswa kelas X, XI, XII dan guru serta karyawan. Setelah Upacara, Calon Siswa Baru akan mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Ligkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan MPLS di SMK Negeri 6 Surakarta dilaksanakan selama 3 hari yaitu Senin, Selasa dan Kamis yang akan dipandu oleh panitia yang terdiri dari guru karyawan dan MPK OSIS SMK Negeri 6 Surakarta.

Sementara itu, Siswa kelas XI dan XII juga akan melaksanakan proses belajar selanjutnya di tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan awal siswa kelas XI dan XII adalah  pembekalan persiapan Praktir Kerja Lapangan ( PKL) dari Dunia Usaha Dunia Industri sebagai rekanan (stakeholder) dengan pendampingan dari guru kejuruan masing-masing.

“Selamat Datang Calon Peserta Didik Baru SMK Negeri 6 Surakarta”. Dengan sepenuh hati SMK Negeri 6 Surakarta menyambut kehadiran Kalian untuk bersama – sama berinisiasi, berkolaborasi, berkreasi,  dan beraksi mempresisikan SMK Negeri 6 Surakarta sebagai sekolah inspiratif, sekolah ramah anak, dan sekolah bermartabat.

M. Sofwan