PROGRAM DIGITAL ENTREPENEURS GEN Z

Sebanyak 9 siswa Kelas XII Program Keahlian Pemasaran dan Rekayasa Perangkat Lunak, Selasa 1 Agustus 2023 mengikuti Pembukaan Program Digital Entrepeneurs Gen Z, yang dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Surakarta, Bapak Teguh Prakoso, dan dihadiri juga para pejabat dari Solo Technopark, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian, Dinas Kominfo, juga dari PT BLA INDONESIA yang merupakan provider pelaksana program PKL Wirausaha Digital Solo 2023

Dalam sambutannya yang disampaikan di Gedung Solo Technopark, Kentingan, Surakarta, Wakil Wali Kota berpesan bahwa para siswa merupakan anak bangsa yang akan meneruskan kejayaan Bangsa Indonesia terutama di bidang wirausaha. Prasyarat Indonesia maju pada tahun 2045 adalah sebanyak 4 % dari masyarakat Indonesia harus ada yang bergelut di bidang usaha, wirausaha, atau entrepeneur. Para siswa ini merupakan Gen Z yang merupakan generasi yang masih muda dan tidak pernah mengenal kehidupan tanpa teknologi yang lahir pada tahun 2000an. Bahwa pada generasi ini atau dikenal dengan istilah Gen Z ada hal yang menonjol yaitu mampu memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai sendi kehidupan mereka. Namun  Wawali juga berpesan, agar para siswa tidak akan melupakan budaya, kultur yang telah ada.

Tujuan dari program Digital Entrepreneurs Gen Z ini adalah untuk memberikan wawasan, motivasi dan pengetahuan kewirausahaan, memberikan pengetahuan dan keterampilan bisnis digital, memberikan wahana, bimbingan dan fasilitasi, memberikan kesempatan jejaring dan kerjasama bagi generasi Z (siswa SMK Program PKL) dengan wirausaha mapan untuk berkembang., dan setelah lulus dari SMK para siswa   akan dapat hidup mandiri, tanpa tergantung dari orang tua, mempunyai penghasilan sendiri dan akan sukses pada usia 30an tahun sesuai harapan ouput dari kegiatan ini antara lain : terbentuknya usaha baru dikalangan generasi Z (siswa SMK Program PKL) yang berbasis digital dengan memiliki NIB dan perizinan yang dibutuhkan, wirausaha baru dari generasi Z  yang mandiri dan kompeten, peningkatan jangkauan pemasaran produk UMKM melalui go-digital, peningkatan jumlah UMKM yang memiliki kompetensi digital.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 siswa terdiri dari SMKN dan SMKS di Kota Surakarta yang merupakan kegiatan pelatihan juga sekaligus merupakan program PKL dari sekolah dengan durasi pelaksanaa selama 6 bulan. Program ini juga merupakan program kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian kota Surakarta yang bekerja sama dengan PT BLA INDONESIA sebagai instruktur atau pelatih dalam kegiatan tersebut.

Pada program ini para siswa akan dilatih dua program, yaitu program kewirausahaan dan program digital yang terdiri dari 27 platform digital. Di akhir pelatihan atau PKL para siswa akan mendapatkan sertifikat juga rekomendasi dari BLA Indonesia. Selain itu BLA Indonesia  juga akan memilih siswa terbaik dan akan mendapatkan tambahan sertifikat yaitu sertifikat Digital Fundamental Marketing dan Digital Marketing Expert.

Di akhir acara pembukaan, para peserta dan Kepala Sekolah, maupun yang mewakili mendapat kesempatan foto bersama dan mendapatkan ucapan selamat untuk mengikuti kegiatan tersebut dari Wawali Kota Surakarta beserta para pejabat yang hadir pada acara pembukaan tersebut, kemudian selanjutnya berkeliling melihat ruang atau Lab yang akan digunakan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

# E Retna Palupi#