SMK N 6 SURAKARTA TOREHKAN PRESTASI DALAM AJANG BERGENGSI

Surakarta, 3 Agustus 2023. Siswa SMK Negeri 6 Surakarta torehkan prestasi jawara 3 mata lomba Pencak Silat di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2023.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Kegiatan O2SN digelar untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Pendidikan khusus/luar biasa (SDLB/SMPLB) tingkat nasional .

Adapun cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan antara lain: Renang, Pencak Silat, Karate, Atletik, dan Bulutangkis.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan bagian integral dalam membangun generasi emas Indonesia di masa mendatang.

SMK Negeri 6 Surakarta sebagai salah satu sekolah kejuruan di kota Bengawan yang telah mengutus salah satu siswa terbaiknya untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut. Dalam prosesnya,  Ermalia (siswi SMKN 6 Surakarta), sebagai salah satu utusan dari kontingen Kota Surakarta, dengan semangat membara dan pantang menyerah, berlatih dengan rajin dan gigih setiap pulang sekolah. Selama proses pelatihan yang panjang dan berkesinambungan untuk menyalurkan bakat kemampuannya di bidang olahraga Pencak Silat, sudah tentu kesulitan dan tantangan menghadang. Namun, tekad yang kuat dan semangat pantang menyerah untuk mewujudkan mimpinya sebagai sang juara, menjadikan siswi berkerudung dan berkacamata ini sebagai pribadi yang kokoh, kuat, bermental baja untuk bisa melenggang sebagai sang juara. Dan mimpi telah direngkuh oleh ananda dari ibu Sri Sugiyanti yang berdomisili di Banjarsari-Surakarta ini sebagai jawara 3 tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Setelah melalui seleksi yang ketat mulai dari tingkat sekolah dan tingkat Kota Surakarta hingga akhirnya mulus melaju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.  Ermalia Wahyu Dwi Tama yang lahir pada 19 Juli 2006 ini adalah siswa kelas XI MPLB 1 yang berhasil meraih peringkat 3 cabang olahraga Pencak Silat dalam kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal itu sungguh menjadi suatu prestasi yang sangat membanggakan bagi keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta.

Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. mengapresiasi dan bersyukur dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh dara yang memiliki tinggi badan 161 cm dan berat badan 51,5 kg ini, sebagai juara III Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam cabang olahraga Pencak Silat. Dalam pesan yang disampaikannya kepada ananda Ermalia Wahyu Dwi Tama sebelum bertanding, beliau menekankan bahwa kalah menang dalam pertandingan olahraga adalah sebuah proses yang harus dilalui. Namun, hal ini bukanlah tujuan utama. Melainkan, merupakan suatu motivasi untuk saling menghargai, saling menghormati, menjaga solidaritas dan sportivitas dalam bertanding. Bermimpi dan berekspektasi tinggi sebagai sang juara adalah normalitas alami yang juga harus ditanamkan dalam setiap moment bertanding. Karena sejatinya, mimpi dan ekspektasi adalah dua hal yang tak pernah terpisahkan untuk diperjuangkan.

Selamat dan suskses untuk ananda Ermalia Wahyu Dwi Tama. Teruslah berjuang, teruslah terbang, teruslah melesat untuk meraih yang terbaik dan membanggakan. (Iddo_2023)