WORKSHOP PENINGKATAN KAPABILITAS GTK

Surakarta – SMKN 6 Surakarta sebagai Sekolah Pusat Keunggulan (PK) tiada henti-hentinya berbenah diri dan meningkatkan kualitas layanan guna menjadi sekolah yang mampu menjawab tantangan perubahan dan perkembangan zaman. Oleh karena itu Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMKN 6 mengadakan Workshop Peningkatan Kapabilitas GTK pada hari Selasa, 8 Agustus 2023 bertempat di Aula SMKN 6 Surakarta.

Melalui kegiatan ini diharapkan GTK yang ada di SMKN 6 Surakarta akan memiliki kemampuan yang semakin hebat dan akan memiliki kinerja yang semakin tinggi sehingga mampu memberikan kepuasaan terhadap masyarakat. Selain itu melalui kegiatan Workshop Peningkatan Kapabilitas GTK, Guru dipacu untuk turut berperan aktif dalam program-program pemerintah seperti aktif berkontribusi di Platform Merdeka Mengajar dan ikut berpartisipasi menjadi Guru Penggerak.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut dihadirkan narasumber-narasumber yang mumpuni. Narasumber yang pertama Bapak Drs. Agus Triyanto, M.Si. yang menjabat sebagai Kacabdin dengan materi Kebijakan dan Kapabilitas GTK. Adapun pembicara kedua yaitu Ibu Retnaningsih, S.Pd., M.Pd. yang menjabat sebagai Pengawas SMK Cabdin VII dengan materi Peningkatan Kapabilitas GTK.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Drs. Agus Triyanto, M.Si.

Sebelum menjabat sebagai Kacabdin, Bapak Drs. Agus Triyanto, M.Si. pernah menjabat juga sebagai kepala sekolah. Beliau memiliki segudang prestasi saat menjabat sebagai kepala sekolah. Beberapa prestasi tersebut diantaranya Juara 2 Provinsi Kepala Sekolah Berprestasi Jawa Tengah (2016), Juara 1 Provinsi Kepala Sekolah Berprestasi Jawa Tengah (2017), Juara 2 Nasional Penulisan Best Practice (2016), Juara 2 Nasional Kepala Sekolah Berprestasi (2017), dan Kepala Sekolah Inspirasi Terbaik Nasional (2021).

Pada kesempatan tersebut, Beliau berbagi kisah ketika menjabat sebagai kepala sekolah. Beliau berbagi tips bagaimana beliau mampu memimpin dan memotivasi GTK untuk selalu meningkatkan kapabititas sebagai tenaga kependidikan. Beliau memiliki Motto GISI (BersinerGI dan BerprestaSI). Berinergi meliputi: membangun relasi, kerjasama kreatif, dan hubugan harmonis. Berprestasi meliputi: akademisi, nonakademisi, dan kenaikan pangkat.

Bapak Drs. Agus Triyanto, M.Si. membuka materi dengan mengemukakan masih rendahnya nilai PISA Indonesia. Beliau menyampaikan hal inilah yang menjadi salah satu tantangan kita bersama dalam mengubah paradigma pendidikan. Peserta didik perlu dibekali dengan keterampilan sosial dan mindset siap beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Merdeka Belajar adalah terobosan untuk mentransformasi pendidikan Indonesia menuju terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui kebijakan yang menguatkan peran seluruh insan pendidikan. Pendidikan yang berkualitas sebuah keniscayaan untuk membangun bangsa yang maju.

Selanjutnya pada sesi ke-2 Ibu Retnaningsih, S.Pd., M.Pd. menyampaikan materi Peningkatan Kapabilitas GTK. Beliau mengajak GTK untuk selalu berperan aktif dalam mengikuti dan mengirimkan hasil karya di Platform Merdeka Mengajar.

Beliau juga memotivasi GTK untuk mengikuti program Guru Penggerak. Beliau mengajak sharing beberapa Guru yang sudah mengikuti dan lolos sebagai Guru Penggerak. Berbagi tips agar bisa lolos mengikuti tes sebagai guru penggerak.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut diharapkan GTK tergerak meningkakan kapabilitas diri sehingga mampu menjadi GTK yang dapat mengikuti perubahan dan menjawab tantangan perkembangan zaman. Dengan begitu akan tercipta lulusan-lulusan yang kompeten dan siap bersaing.

 

Oleh: Nur Fitra Wijaya