Siswa SMKN 6 Surakarta Sukses Laksanakan Pesta Demokrasi Pilketos Sebagai Implementasi P5 tema Suara Demokrasi

Pesta demokrasi dalam rangka pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS (pilketos) telah berlangsung di SMKN 6 Surakarta pada hari Rabu, 27 Sept 2023. Pilketos ini berasaskan langsung, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Kegiatan pilketos ini dilaksanakan sebagai bagian dari topik Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Suara demokrasi. Para siswa sangat berantusias mengikuti rangkaian kegiatan dalam P5 ini.

Sebelum puncak acara pilketos berlangsung, beberapa hari sebelumnya telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan dalam implementasi P5 Suara demokrasi ini. Hari pertama, Senin 25 Sept 2023 dilakukan sosialisasi mengenai P5 yang mengambil tema Suara demokrasi oleh koordinator P5 (ibu Nani Fajar Wati). Kemudian dilanjutkan sosialisasi mengenai pemilihan umum oleh salah satu perwakilan dari KPU kota Surakarta yaitu bapak Bambang Christianto. Setelah menerima sosialisasi ini, siswa kelas X dan kelas XI didampingi oleh fasilitator mendalami materi mengenai suara demokrasi dan mendiskusikan mengenai projek kelompok yang harus mereka kerjakan.

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa pilketos dilaksanakan hari Rabu, 27 Sept 2023, diawali dengan orasi dari calon ketua dan wakil ketua OSIS yaitu Armandio Risky Kurnia Putra (XI BC), Dyah Ayu Ningtyas (XI PM 2), dan Hafshoh Aulia Fitriani (XI DKV 2) yang telah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh tim MPK SMKN 6 Surakarta. Sebelum kandidat berorasi, acara dibuka oleh Kepala SMKN 6 Surakarta (ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si M.Pd). Barulah dilakukan orasi oleh ketiga kandidat tersebut. Setelah orasi selesai kemudian dilanjutkan pilketos oleh siswa secara bergiliran di aula SMKN 6 Surakarta dengan didampingi siswa MPK. Tidak hanya siswa SMKN 6 yang berantusias dalam pilketos ini tetapi bapak ibu guru juga ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini. Setelah semua siswa dan bapak/ibu guru mencoblos kandidat pilihannya, kemudian dilakukan perhitungan suara oleh MPK yang didampingi oleh bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd selalu waka kesiswaan. Dari hasil perhitungan diperoleh suara terbanyak pertamanya yaitu Dyah Ayu Ningtyas dan yang kedua adalah Hafshoh Aulia Fitriani, sehingga mereka berhak menjadi ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024. Pada hari Jumatnya, 29 Sept 2023 MPK secara resmi mengumumkan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024. Kemudian ketua dan wakil ketua osis yang terpilih menyampaiakn program kerja yang akan dilakukannya selama satu tahun kedepan.

Rangkaian kegiatan P5 suara demokrasi diakhiri dengan presentasi yang dilakukan oleh siswa bersama anggota kelompoknya mengenai video yang telah mereka buat sebagai contoh praktik penerapan demokrasi dalam kegiatan sehari-hari. Presentasi ini dilakukan dikelas mereka masing-masing untuk disaksikan oleh fasilitator kelas masing-masing. Melalui serangkaian kegiatan P5 tema suara demokrasi ini, siswa diajak untuk berpikir kritis, mengevaluasi, dan memilih calon pemimpin yang dianggap mampu mewakili aspirasi dan kepentingan siswa secara luas. Suara mereka menjadi manifestasi dari semangat demokrasi yang harus dijunjung tinggi sebagai wujud dari sikap cinta tanah air dan bangsa. (Nani Fajar Wati_Koordinator P5)