UPACARA HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER, KHIDMAT MEMPERINGATI DAN MENGENANG JASA PARA PAHLAWAN

Jum’at pagi yang cerah, angin berhembus menari diantara hijaunya pepohonan. Ada pemandangan yang sedikit berbeda di lingkungan SMK Negeri 6 Surakarta, yang biasanya ada kegiatan rutin bergilir setiap Jum’at pagi, antara lain Jum’at Bersih, Jum’at Sehat, Jum’at Religi, Jum’at Motivasi dan Jum’at Inspirasi. Tapi khusus pagi ini, para Siswa-siswi berpakaian Pramuka lengkap, dan juga bapak ibu guru mengenakan seragam KORPRI berbondong-bondong menuju ke lapangan depan. Yups.. Jum’at kali ini tanggal 10 Nopember 2023 bertepatan dengan HARI PAHLAWAN, dilaksanakan upacara yang diikuti oleh seluruh civitas akademika SMK Negeri 6 Surakarta.

Dalam Amanat Upacara, Ibu Dwi Titik Irdiyanti S. Si., M.Pd, selaku Kepala SMK Negeri 6 Surakarta sekaligus Pembina Upacara, dengan tegas membacakan sambutan dari Menteri Sosial RI yang menekankan bahwa Upacara Hari Pahlawan ke-78 ini mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Tema ini diangkat melalui renungan mendalam menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa. Ancaman itu akan kita taklukkan berbekal semangat yang dicontohkan pejuang 10 November 1954. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa.

Para Pahlawan telah mengajarkan bahwa kita bukan bangsa pecundang, tidak akan pernah rela bersimpuh dan meyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Diakhir kutipan, Menteri Sosial mengajak kita bersama membangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.

Prosesi Upacara bertambah khidmat saat dibacakan Puisi Kepahlawanan yang begitu menyentuh oleh 2 siswi SMKN 6 Surakarta yaitu ananda Dzakiyyah Salma Hidayati (XI PM 1) dan ananda Nike Yusania (X ULP 3). Dan juga diselingi dengan apresiasi pengumuman hasil lomba Pekan Bahasa SKOLART UNS 2023 :

  1. Dzakiyyah Salma Hidayati, kelas XI PM 1 (Juara 3 Lomba Puisi Kategori 16-18 tahun)
  2. Veronita Dzikrie, kelas X DKV 1 (Juara 1 Lomba Cipta Puisi Kategori 13-15 tahun)
  3. Tiara Kusuma Wijaya, kelas X ULP 2 (Juara 2 Lomba Cipta Cerpen)
  4. Claudya Anisa Salsabila, kelas X MPLB 2 (Juara 2 Lomba Menulis Artikel Populer)
  5. Ibu Hartuti, S.Pd., Guru Bahasa Inggris (Juara 1 Lomba Essay Kategori ASN)

Upacara berakhir pada pukul 08.15 WIB, dengan seluruh Siswa-siswi kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti pembelajaran seperti biasanya. Mengambil kutipan dari Bung Karno “Bangsa Yang besar, adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya”.  Untuk itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa meneladani semangat dan nilai kepahlawanan dengan menjadikan pahlawan sebagai panutan.

Selamat Hari Pahlawan, Jayalah terus Indonesia, jayalah SMK VISKA Tercinta!

 

Penulis : Zainal Arifin, S.Sos.I.