WORKSHOP EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) VISKA TAHUN 2023

Siang hari pada Jumat pukul 12.30 WIB, telah dilaksanakan Workshop EDS yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMKN 6 Surakarta. Workshop dibuka oleh MC ibu Anis Sunarsi, S.Pd., lalu Menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh ibu Emie Wahjuningsih, S.Pd. dan doa oleh bapak Zainal Arifin, S.Sos.I. Selanjutnya Sambutan dari Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd. Pada saat sambutan, ibu Titik juga memperkenalkan bapak Waluyo, S.Pd., M.Si. dari SMKN 3 Sukoharjo yang sedang magang pengawas di SMKN 6 Surakarta.

Pengarahan disampaikan langsung oleh ibu Titik dengan diawali petikan kalimat yang memberikan semangat “Terimakasih untuk kekompakan, dedikasi, kerja keras, dan prestasi di TAHUN 2023”. Beliau mengatakan bahwa selama tahun 2023 SMKN 6 Surakarta telah menyelesaikan agenda dengan sangat baik mulai dari pembelajaran, ABM, e-raport, tracer study 100 persen, PMM 84% tertinggi di Tingkat Kota Surakarta, proses PKL, PJB learning dan asesmen projek serta agenda lainnya. Semua agenda ini bisa terlaksana dengan baik, tidak terlepas dari kekompakan seluruh warga SMKN 6 Surakarta.

Prestasi yang ditorehkan juga tidak sedikit, baik prestasi dari guru maupun siswanya. Prestasi tersebut antara lain perolehan akreditasi A untuk sekolah, akreditasi A untuk perpustakaan WIJANG. Juara 1 LKS BC dan juara 2 LKS ULP Tingkat Provinsi dan masih banyak sekali prestasi yang diraih hingga tidak dapat disebutkan satu persatu. Prestasi terbaru adalah Juara 1 Sekolah Ramah Anak Tingkat SMA/SMK/MA dan Juara Umum 3 tingkat Satuan Pendidikan di tingkat kota Surakarta. Selain itu, prestasi dari Pramuka, PMR, basket dan ekstrakurikuler lainnya.
Selanjutnya terdapat agenda akhir tahun berupa e-kinerja, cuti, dan pengisian evaluasi diri sekolah (EDS) melalui link form yang telah dishare. Form tersebut nantinya akan diisi oleh guru, karyawan, komite, siswa DU/DI, dan alumni agar memberikan pendapat dan masukan yang sejujur-jujurnya untuk kemajuan SMKN 6 Surakarta. Pada awal tahun 2024, juga terdapat agenda Ulang Tahun SMKN 6 Surakarta, dan diharapkan semua guru bisa mengenakan busana yang unik dan menarik. Ibu Titik juga menghimbau agar semua warga sekolah menjaga kebersihan sekolah dan mulai mengajak para guru menerapkan “paperless” dengan mengurangi atau meniadakan kertas dan beralih ke dokumen digital.

Sambutan dan saran berikutnya disampaikan oleh ketua komite sekolah bapak Drs Hendri Maryanto. Beliau menyampaikan bahwa diharapkan masing-masing jurusan mempunyai TEFA dengan program keunggulannya yang kemudian bisa dipromosikan lewat beberapa media sosial agar masyarakat mengetahui keunggulan dari SMKN 6 Surakarta. Beliau juga menambahkan tentang perlunya mendidik siswa dalam membentuk karakter dan kepribadian karena seiring dengan perkembangan teknologi, menyebabkan banyak anak yang kehilangan kepedulian pada sekitar termasuk pada kebersihan lingkungan.
acara ditutup pada pukul 14.00 WIB dengan foto bersama.

Penulis: ARNENIA ANJANI PUTRI, S.Pd.