PERJUMSA EDUKASI, FUN DAN MENYENANGKAN

Jumat tanggal 8 Desember 2023 pukul 13 .00 WIB, terik matahari terasa menyengat namun suasana terasa cerah. Adik-adik pramuka antusias persiapan mengikuti upacara pembukaan PERJUMSA. Terlihat kekompakan adik-adik dan kakak petugas upacara Dewan Ambalan Dewi Sartika maupun Sambernyawa serta kakak Pembina pramuka. Upacara pembukaan PERJUMSA berjalan khimad, tertib dan lancar.

PERJUMSA kepanjangan dari perkemahan Jumat, Sabtu. Perjumsa sendiri mempunyai tujuan untuk memberikan pengalaman melatih mental, konsep dalam diri, kemandirian, skill kepramukaan, dan perlu diprioritaskan sekarang adalah mental dan kepribadian yang berkarakter.

PERJUMSA menjadi wadah penting untuk adik-adik pramuka zaman now. PERJUMSA membantu adik-adik pramuka membangun tanggung jawab pribadi dan mengembangkan siapa mereka. Kegiatan materinya adalah bertema edukasi dan fun, mendidik dan menyenangkan. Mengembangkan sikap bertanggung jawab akan lingkungan alam, masa depannya, mampu mengatasi tantangan yang dihadapi dalam perkembangan hidupnya dimasyarakat luas. Dan menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.

Pramuka yang edukatif, fun dan menyenangkan, pramuka tetap menjadi wadah yang positif bagi adik – adik pramuka, menuju era perubahan menjadi lebih berkembang berproses menjadi lebih baik lagi dengan kemajuan tehnologi dan kemajuan zaman sekarang ini pramuka akan lebih kreatif dengan menciptakan ide-ide yang baru dan menyenangkan.

Foto upacara pembukaan PERJUMSA

Api unggun menjadi sumber kehangatan kegiatan malam hari serta unjuk bakat, kreasi persangga

Game

Untuk mengurangi kejenuhan di tengah materi pembelajaran kepramukaan maupun kegiatan lainnya. Ada kegiatan yang fun yaitu olah raga pagi, lomba memasak, game agar adik-adik pramuka menjadi lebih rileks, permainan ini mempunyai tujuan membangun kekompakan, kerjasana antar anggota pramuka satu dengan yang lainnya.

Di masa yang akan datang adik-adik pramuka berharap semoga kegiatan PERJUMSA ini akan memperluas wawasan, belajar cara bertahan hidup di alam terbuka yang tak terlupakan. Diharapkan semua kegiatan ini menjadi momen–momen yang sulit terlupakan nantinya. Menjadikan pengalaman yang indah edukatif, fun, menyenangkan dan menantang. Memperkaya pengalaman hidup melalui pramuka,

Mari adik-adik atau remaja yang lain yang belum bergabung dalam kegiatan pramuka buatlah dan ciptakanlah suatu momen-momen yang tak pernah terlupakan bersama menjadi anggota pramuka.

SALAM PRAMUKA!

Penulis : Indaruwati, S.Pd, M.Pd