PENGALAMAN MAGANG CALON PENGAWAS SMK DI SMKN 6 SURAKARTA (Tanggal 7-19 Desember 2023)

Peningkatan Sumber Daya Manusia yang mumpuni dalam pengembangan mutu pendidikan terus dilakukan oleh pemerintah. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah sebagai SDM yang berada di garda terdepan mutu pendidikan secara kuantititas harus terpenuhi secara seimbang baik kualitas maupun kuantitasnya. Namun, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, Dinas pendidikan daerah tidak mengetahui bahwa data ketersediaan BCKSPS (Bakal Calon Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah) masih belum merata. Oleh karena itu, Pemerintah perlu memenuhi kebutuhan tersebut melalui Sistem Pengangkatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang dapat diakses melalui halaman https://pengangkatan-ksps.kemdikbud.go.id/.

 

Pengembangan sistem Sistem Pengangkatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (SPKSPS).bertujuan untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam Sistem Pengangkatan Kepala Sekolah maupun Pengawas Sekolah dalam memenuhi kebutuhan tahun 2023 dan seterusnya. Salah satu aturan sebagai juknis perekrutan KSPS adalah Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4831/ B/HK.03.01/2023 tentang Peran Pengawas Sekolah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan menandai babak baru bagi transformasi Pengawas Sekolah.

 

Setelah melalui prosesi seleksi yang ketat, Calon Pengawas harus mengikuti salah satu tugas pematangan kegiatan awal yaitu Magang Calon Pengawas. Magang Calon Pengawas merupakan wujud nyata Peran pengawas sekolah untuk menjadi salah satu agenda perubahan yang diperlukan untuk mendukung langkah transformasi untuk mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui siklus pendampingan. Pendampingan yang dimaksud adalah kegiatan Pengawas Sekolah membersamai Kepala Sekolah dalam peningkatan kapasitas dan mutu layanan Satuan Pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan strategi serta metode yang relevan.

 

Lewat peran yang baru ini, pengawas sekolah diharapkan untuk semakin menguatkan kontribusi aktifnya dalam membersamai kepala sekolah meningkatkan komitmen perubahannya. Dengan demikian, pendampingan yang dijalankan oleh pengawas sekolah bisa lebih berdampak dengan mendorong kesadaran refleksi dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi sekolah dengan tujuan utama peningkatan kualitas pembelajaran bagi peserta didik.

Gambar 2 Membangun kerjasama dengan kepala sekolah

 

Gambar 3 Bersama Waka Sarpras melihat KBM dan fasilitas sekolah

 

Sehubungan dengan nota tugas magang sebagai calon pengawas SMK di SMKN 6 Surakarta, ada beberapa pengalaman yang membuat saya  terkesan dengan SMKN 6 Surakarta. Kesan pertama yang begitu mendalam adalah rasa keterbukaan hati bapak/ibu guru karyawan SMK Negeri 6 Surakarta ketika menerima kehadiran saya untuk memulai magang di sekolah ini. Guyub rukun sesama perangkat sekolah untuk memajukan sekolah sesuatu hal yang sangat istimewa yang membuat suasana kerja sangat nyaman.

Kesan lain yang tak kalah penting adalah terjalinnya Kerjasama yang baik sesama steakholder, kemampuan literasi dari guru dan siswa dengan karya-karyanya yang sudah dibukukan. Karya literasi guru dan siswa seperti Trilogi Si Jelita (Jejak Literasi Digital) yang sudah terbit episode1, 2, dan 3. Website yang sangat aktif dan penuh informasi, baik dari guru maupun karyawan. Budaya kerja/industri yang sudah terbangun dan sesuai dengan standar pelayanan prima yang baik.

Gambar 4  Belajar bersama manajemen sekolah

 

Selain itu, toleransi antar umat beragama juga terjaga dengan  baik.  Sumber Daya Manusia yang unggul dengan bukti banyak guru yang  menjadi Assesor, Fasilitator CGP, PP, GP dan CGP menjadikan SMK Negeri 6 Surakarta menjadi ikon kunjungan dari sekolah lain untuk studi tiru. Pengembangan secara kontinu Sarana prasarana yang  lengkap mulai dari ruang kelas, lab computer, lab praktik masing-masing jurusan, ruang guru, ruang wakil kepala sekolah, perpustakaan, kantor TU, Masjid, Lapangan olah raga, aula juga membuat citra . SMKN 6 Surakarta sebagai sekolah yang mempunyai banyak prestasi, mulai akademik, ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya. Prestasi SMK Neger 6 Surakarta bisa dikunjungi di laman https://smkn6solo.sch.id

Gambar 5 Semboyan kepemimpinan Ki Hajar Dewantoro

 

Dua minggu membersamai belajar di SMK Negeri 6 Surakarta telah membuka wawasan saya sebagai calon Pengawas Sekolah. Semoga apa yang telah saya dapatkan dapat menginisiasi, berkreasi, dan berinovasi dalam melaksanakan tugas saya berikutnya.  Terimakasih sahabat dan mitra kerja terbaik SMK Negeri 6 Surakarta.

 

 

Identitas Penulis :

Nama            : Waluyo, S.Pd., M.Si.

NIP               : 19730830 200801 1 003

Unit Kerja     : SMKN 3 Sukoharjo

TTL              : Sukoharjo, 30 Agustus 1973

Alamat          : Manggung RT.01 RW.07, Cangakan, Karanganyar 57712