PENGUATAN KARAKTER SISWA ROHKRIS DAN ROHKAT MELALUI NATAL

JUMAT, 05 JANUARI 2024

Natal merupakan peringatan lahirnya Sang Juru selamat yaitu Yesus Kristus. Setiap tahun seluruh umat Kristen dan Katolik merayakannya, demikian juga dengan SMK Negeri 6 Surakarta bersukacita dan bergembira merayakannya. Tepat pada tanggal 5 Januari 2024, para siswa, guru dan karyawan SMK Negeri 6 Surakarta yang bergama Kristen dan Katholik berkumpul di aula sekolah untuk mengadakan perayaan Natal. Tema natal dari PGI dan KWI diambil dari Lukas 2:14 yang bunyinya Kemulian bagi Allah di tempat yang Maha Tinggi, dan Damai Sejahtera di bumi diantara manusia yang berkenan kepadanya.

yang kemudian diterjemahkan oleh panitia menjadi Sub Tema “Joy Has Come“. Dengan adanya tema tersebut kami berharap bahwa setiap siswa, guru, dan karyawan SMK Negeri 6 Surakarta dapat merasakan sukacita di dalam Tuhan sang juru selamat kita.

Dekorasi Natal yang indah menghiasi seluruh area aula sekolah, dengan pohon Natal yang dipenuhi dengan hiasan warna-warni dan lampu-lampu berkilauan yang menambah riang gembira kami semua.

Penguatan karakter siswa melalui kegiatan Natal tersebut dimulai pada pukul 11.55 WIB dan diawali oleh video opening lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si,. M.Pd.

Dalam sambutannya yang berdurasi kurang lebih 3 menit, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si,. M.Pd selaku Kepala SMK Negeri 6 Surakarta menyampaikan bahwa kasih Allah yang begitu besar kepada kita, karena Ia rela menjadi manusia demi kita. Maka dari itu kita patut bersukaria atas kemenangan yang telah kita dapatkan. Setelah Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si,. M.Pd menyampaikan sambutannya, acara selanjutkan adalah penyalaan lilin. 7 lilin yang terpasang pada kaki dian satu satu mulai menyala dengan iringan musik “O Holy Night“. Dilanjutkan dengan acara Praise and Worship yang dipimpin oleh saudari Cheysa. Suasana aula berubah menjadi lebih enerjik, penuh semangat, dan penuh kegembiraan pada saat menyanyikan lagu praise. Bunyi getaran tamborin yang membuat suasana menjadi lebih meriah, dan menambah semangat para siswa dan guru SMK Negeri 6 Surakarta. Namun suasana berubah menjadi lebih khusyuk dan penuh penghormatan ketika memasuki pujian worship. Lagu “Natal di Hatiku” menjadi pujian yang mengiringi saat persembahan diedarkan dan lagu “Bapa Engkau Sangat Baik” menjadi lagu pengantar Firman Tuhan. Firman Tuhan yang disampaikan oleh Frater Arnold Lintang Yanviero mengingatkan kita bahwa Tuhan telah datang dan hadir di dunia.

Sebagai umat yang telah dimenangkan, maka kita tidak boleh berdiam diri saja. Kita harus berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi di dalam Kristus, hal tersebut dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan berdoa, sejujur – jujur nya kita ungkapkan kepada Tuhan, karena itu adalah komunikasi kita dengan Tuhan. Jam menunjukkan pukul 13.30 WIB yang berarti Firman Tuhan telah selesai disampaikan, walaupun Firman Tuhan telah selesai namun semoga kita dapat selalu melaksanakannya dalam kehidupan sehari hari.

Saatnya kita memasuki sesi perayaan Natal, yang dimeriahkan oleh guru dan para siswa. Penampilan pertama oleh Kepala Sekolah dan Guru yang menampilkan gerak dan lagu. Para guru terlihat sangat kompak dengan accessories topi di atas kepala masing masing, dengan lagu yang ceria serta gerakan yang enerjik membuat suasana aula menjadi penuh sukacita.

Selanjutnya adalah pertunjukan video drama online yang telah dibuat oleh beberapa panitia natal. Nilai yang bisa kita ambil dari drama tersebut adalah, jika kita dekat dengan Tuhan maka hidup kita akan terberkati. Ibadah perayaan Natal kali ini tak lupa juga dimeriahkan oleh doorprize dengan santa claus yang membawakan hadiah. Hadiah tersebut dibagikan dengan metode tanya jawab dengan santa claus dan para Mc. Habis sudah doorprize yang dibagikan maka berakhir pula acara perayaan Natal kami.

Doa penutup di sampaikan oleh ibu Dwi Titik Irdiyanti S.Si., M.Pd. dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama menjadi acara penutup untuk kegiatan ini, tepat pada pukul 14.20 acara perayaan Natal Rohkris dan Rohkat SMK Negeri 6 Surakarta telah selesai.

 

Oleh: Widada