SHARING IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Selasa, 21 Juni 2022 SMK Negeri 6 Surakarta mendapat kehormatan diundang oleh SMK N 2 Semarang untuk melakukan sharing implementasi kurikulum merdeka. Dengan mengendarai kendaraan Efl sekolah team SMK N 6 Surakarta yang dipimpin oleh ibu Wks Kurikulum ibu Prihatin Darsini, S.ST.Par berbekal tekad berbagi berangkat dari SMK N 6 Surakarta pada pukul 6.30 WIB. Ikut dalam rombongan tersebut adalah  ibu Ema Tri P (staff kurikulum), bapak Yudi Cahya (WMM), Ibu Ari (K3 OTKP), Ibu rr Indah ( K3 BDP), Ibu Nurkayati (K3 Akutansi), Bpk Arif (guru PPLG), Bapak Stephanus (K3 ULP). Sampai Semarang rombongan disambut sangat ramah oleh manajemen SMK N 2 Semarang diantaranya ibu Waka Kurikulum SMK N 2 Semarang Ibu Darsini, S.Pd.,M.Pd. dan ibu waka humas Ibu Sulistyawati.

Workshop diikuti oleh Bp Ibu guru semua Mapel dari SMK Negeri 2 Semarang dengan antusias untuk mengikuti acara tersebut. Materi disampaikan oleh Waka Kurikulum SMK N 6 Surakarta Ibu Prihatin Darsini, S.ST.Par. mendapatkan perhatian yang sangat besar dari para peserta.

Materi Workshop :

  • Capaian Pembelajaran (CP)
  • Perumusan Tujuan Pembelajaran
  • Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  • Dan Penyusunan Modul Ajar.

Berbagai pertanyaan disampaikan oleh para peserta dan jawaban yang diberikan bisa memberikan kepuasan bagi peserta yang bertanya. Setelah pemaparan materi oleh Waka Kurikulum, dilanjutkan dengan penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar oleh peserta workshop sesuai dengan mapel atau program keahlian yang dipandu oleh K3 dan guru mapel dari SMK N 6 Surakarta.

Terima kasih kepada SMK N 2 Semarang yang sudah memberikan kesempatan kepada SMK N 6 Surakarta untuk berbagi. Merupakan suatu kebanggaan bagi SMK Negeri 6 Surakarta telah mendapatkan kepercayaan dari sekolah lain untuk berbagi dan mendistribusikan ilmu yang diperoleh.. Selamat untuk Super Team.. Selamat untuk SMK VISKA..

SMK BISA… SMK HEBAT… SMK BISA HEBAT.. VISKA JAYA..

Rabu, 22 Juni 2022

Untuk kedua kalinya SMK N 6 Surakarta mendapat undangan untuk sharing implementasi kurikulum merdeka. Kali ini surat undangan dari SMK PGRI 2 Surakarta. Hadir memenuhi undangan tersebut adalah waka kurikulum SMK N 6 Surakarta Ibu Prihatin Darsini dan Staff Kurikulum Ibu Ema Tri P menyampaikan materi tentang Tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar.  Kepala sekolah SMK PGRI 2 Surakarta mengatakan bahwa setelah IHT dengan Nara sumber Team SMKN 6 Surakarta, bp ibu guru SMK PGRI 2 antusias membuat lanjutan untuk kurikulum.

Alhamdulilah. Terus semangat menebar manfaat. SMK VISKA JAYA.

 

Untuk ketiga kalinya SMK N 6 Surakarta pada hari Selasa, 28 Juni 2022 mendapat kesempatan untuk berbagi  / sharing Implementasi Kurikulum Merdeka. Sharing kali ini  diikuti oleh 55 orang guru dari 6 program Keahlian dan perwakilan dari Kelompok Umum dari SMKN 9 Surakarta. Hadir dalam kegiatan yang bertempat di SMKN 6 Surakarta, selain Kepala SMKN 6 Surakarta yang menyampaikn  selamat datang dan mengucapkan terimakasih karena sudah dipercaya dalam kegiatan kolaborsi dalam rangka mengisi dan maju bersama praktik baik Implementasi Kurikulum Merdeka, juga bekerja sama di bidang lain.  Kegiatan dibuka oleh Kepala SMKN 9 Surakarta, Bapak Triman SPd, dalam sambutannya  selain mengucapkan terimakasih kepada tim SMKN 6 Surakarta juga mengingatkan kepada peserta workshop, bahwa pada kurikulum merdeka ini, terdapat pergeseran gaya pembelajaran, siswa tidak lagi mengikuti gaya pembelajaran dari guru, melainkan guru mengajar mengikuti gaya belajar siswa, dan mengingatkan  juga agar guru selalu maju bersama sesuai dengan bidang masing-masing untuk mewujudkan lulusan yang kompeten agar tidak lagi mendapatkan julukanSMK Penyumbang Pengangguran Terbesar. Tidak kalah penting sambutan dari Pengawas Kota Surakarta, Bapak Pangarso Yuliatmoko, SPd, yang mengajak semua guru untuk menjadi fasilitator, penuntun tumbuh kembangnya anak, bahwa  kurikulum merdeka  memberikan makna pengalaman pembelajaran dari siswa.

 

Kegiatan inti dari workshop yang dikoordinir oleh waka kurikulum SMK N 6 Surakarta Ibu Prihatin Darsini dan beserta tim, menyampaikan materi tentang tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar.kegiatan dilanjutkan pendampingan berkelompok menurut mata pelajaran yang diampu