KEPALA SMKN 6 SURAKARTA TERAPKAN ONE DRIVE ONE MAN

Solo, Jumat Kliwon 8 Juli 2022.  Tahun ajaran baru telah datang. Selamat datang peserta didik baru dan Bapak/Ibu guru baru SMK Negeri 6 Surakarta.

Mengawali tahun ajaran baru 2022/2023 dengan semangat baru  harus dilakukan. Bercermin dari hasil refleksi kerja tahun sebelumnya, menyempurnakan hal-hal yang belum sempurna, harus dilakukan di tahun berikutnya.  Berproses untuk selalu menjadi yang terbaik, terdepan, cerdas berkualitas, dan hebat bermartabat merupakan suatu kewajiban setiap insan manusia, termasuk guru dan karyawan SMK Negeri 6 Surakarta.

Dwi Titik Irdiyanti, S.Si. M.Pd. sebagai narasumber sekaligus kepala SMK Negeri 6 Surakarta mampu membaca, mengolah situasi dan kondisi, serta mengawal  jajarannya untuk berproses meningkatkan kinerjanya menghadapi tahun ajaran baru 2022/2023.  Salah satu pengawalan yang dilakukan adalah membekali semua guru dan karyawan menggunakan aplikasi One Drive yang terdapat dalam  teknologi  Microsoft 365.

Apilkasi One Drive dan One Drive SMKN6 Surakarta salah satunya bermanfaat untuk mewadahi  semua file perngkat mengajar bapak/ibu guru secara digital. Aplikasi ini bisa digunakan secara online dimanapun saat guru bertugas. Kebiasaan menempatkan file-file perangkat mengajar guru di laptop, komputer, flasdish, dll ternyata memiliki sisi kelemahan. Resiko terkena virus sehingga data hilang saat diperlukan sangat mungkin terjadi. Repotnya membawa laptop, perangkat komputer, flashdish, kemana-mana rasanya juga kurang efektif. Selain itu, masih banyak lagi kelemahan yang bisa ditemukan. Oleh Karena itu, pelaksanaan kegiatan workshop Pemanfaatan One Drive pada Administrasi Guru dan Karyawan yang dilaksanakan di aula SMK Negeri 6 Surakarta pada  Jumat, 8 Juli 2022 layak dilakukan.

Berpedoman pada filosofi Ki Hajar Dewantoro “ Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani” Kepala sekolah mengajak semua perangkat sekolah untuk bisa selalu menjadi teladan bagi semua pihak, saling menyemangati dalam berkreativitas dan beretos kerja, serta sebagai aparatur sipil negara selalu mendukung, mengayomi, mengamankan apapun kebijakan pemerintah.

Berbekal tema “ Bangkit, berlari menggapai prestasi dan wujudkan profil pelajar Pancasila”  Dwi Titik Irdiyanti selalu menekankan pentingnya peningkatan kualitas diri sebagai  guru maupun karyawan SMK Negeri 6 Surakarta dalam melayani siswa/masyarakat  dan  menghadapi persaingan global yang semakin ketat  dengan tetap mengemas kearifan lokal serta nilai budaya yang ada di dalam profil pelajar pancasila.

Semangat mengikuti workshop tergambar jelas di ruang aula SMK Negeri 6 Surakarta. Budaya gotong royong saling menimba ilmu bagi yang belum bisa dan yang sudah bisa, melengkapi suasana serius tapi santai. Tanya jawab narasumber dan peserta menandai begitu antusiasnya peserta diklat mengikuti kegiatan. Tepat pukul 11 30 diklat diakhri dan dilanjutkan dengan rapat dinas persiapan tahun ajaran baru 2022/2023.

Selamat berkreasi dan berinovasi di tahun ajaran baru 2022/2023. Tidak ada kata tertinggal untuk bangkit, berlari menggapai prestasi dan selalu menginspirasi. (One)