TES VIERA DAN UJI SERTIFIKASI TOEIC BAGI SISWA SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Tes VIERA dan Uji sertifikasi TOEIC untuk siswa SMK tahun ini kembali dilaksanakan. Setelah beberapa kali diadakan sejak tahun 2018, dan dua kali pelaksanaan selama pandemi dilaksanakan secara online. Program pendidikan yang diberi nama SMK English Challenge (SEC) kembali digelar. Program ini sejatinya merupakan program yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan SMK untuk mendukung pelaksanaan program Revitalisasi SMK yang pada akhirnya bertujuan untuk mempersiapkan lulusan SMK agar memiliki daya saing tinggi di era digital dan globalisasi. Dimana salah satu poin penting didalamnya adalah siswa SMK diharapkan mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara aktif. Untuk itu, tes VIERA diadakan terlebih dahulu sebagai program seleksi dalam menghadapi tes TOEIC yang sebenarnya.

Apa yang dimaksud dengan Tes Viera? Tes Viera ,Vocational Institutions English Readiness Assesment, juga merupakan program bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK yang bertujuan menyeleksi sejumlah siswa SMK yang akan menghadapi uji sertifikasi TOEIC. Jadi program ini diadakan dalam rangka mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dan sejauh mana kesiapan mengikuti Internasional Standarisasi tes, yaitu TOEIC. Sedangkan TOEIC merupakan Uji Sertifikasi ketrampilan dan kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang standarnya diakui secara internasional.

Rangkaian pelaksanaan Tes Viera di SMK Negeri 6 Surakarta tahun ini sudah dimulai sejak bulan juni 2022. SMK 6 yang juga ditunjuk sebagai sekolah penyelenggara telah merespon kebijakan tersebut secara aktif. Di bawah arahan ibu Kepala Sekolah Dwi Titik Irdiyanti,S.Si,M.Pd bersama  tim guru bahasa Inggris dan tim teknisi mulai mengakomodir para siswa yang berminat mengikuti seleksi di tingkat awal. Proses penjaringan dimulai dengan pemberian penjelasan, wawasan, materi seputar TOEIC. Selanjutnya, para siswa akan berlatih mengerjakan soal dengan tetap bisa berkonsultasi kepada para guru bahasa Inggris yang mengampu dikelas mereka masing-masing.

Tes Viera dilaksanakan dalam beberapa gelombang. Gelombang 1 terlaksana pada hari jumat tanggal 15 Juli 2022 yang diikuti oleh 33 peserta. Gelombang 1 yang sedianya terbagi dalam 3 sesi, karena terkendala sebagian siswa gagal login karena authenticating, maka ada penjadwalan ulang.Selanjutnya, gelombang 2 dilaksanakan pada hari selasa tanggal 26 Juli 2022 dengan 19 peserta, gelombang 3 dilaksanakan pada hari rabu tanggal 27 Juli 2022 dengan 31 peserta dan pelaksanaan gelombang terakhir adalah hari ini kamis tanggal 28 Juli 2022 dengan 24 peserta. Sehingga total siswa yang mengikuti tes VIERA ini adalah 107 peserta.

Dengan mengambil tempat di laboratorium DMC 1 SMK Negeri 6 Surakarta , sejumlah peserta yang mengikuti tes dengan panduan para teknisi dan pengajar melaksanakan dan mengerjakan tes tersebut dengan tertib. Dalam pelaksanaan tes VIERA kali ini  harus dibagi dalam beberapa sesi dan gelombang dengan penjadwalan ulang karena terkendala server pusat yang mengalami overload dimana sekolah penyelenggara mengadakan secara serentak pelaksanaan tes VIERA kali ini.

Diakhir kegiatan, Alhamdulillahirobil ‘allamiin proses pelaksanaan tes VIERA ini sukses , semoga sekolah bisa mengantarkan semua siswa yang mengikuti tes VIERA kali ini untuk mengikuti uji Sertifikasi TOEIC di tahap berikutnya. Salam sukses dan tetap semangat untuk menuju sekolah internasional. Viska, Go International!

Oleh: Tim Literasi Digital VISKA