WEBINAR PERUBAHAN PERILAKU “Wujudkan Sekolah Sehat Dengan PHBS? Kita Bisa!!”

Demikian tema yang diusung dalam webinar yang berlangsung Selasa, 20 September 2022 jam 09.00 – 12.00 WIB, oleh Satgas Perubahan Perilaku Republik Indonesia yang menyasar pelajar jenjang SMA/SMK negeri dan swasta se- kota Surakarta.

Sambutan yang disampaikan, baik oleh Dr. Sonny Harry Harmadi (Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-Nasional), Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Surakarta), maupun Suratno, S.Pd., M.Pd. (Kepala cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Tengah), ketiganya menghimbau pada satu hal yang sama. Yakni pentingnya tetap mematuhi protokol kesehatan dalam segala kondisi. Terlebih saat pembelajaran tatap muka sudah terlaksana penuh 100% seperti saat ini. Penerapan protokol kesehatan dapat melindungi masyarakat dari berbagai macam penyakit. Mengapa sasarannya adalah pelajar jenjang SMA/SMK? Karena prosentase jumlah mereka yang dilabeli dengan generasi Z, cukup tinggi, yaitu mencapai 28% dari seluruh jumlah penduduk Indonesia.

Dari beberapa kota besar yang sudah melaksanakan kegiatan ini, kota Surakarta memecahkan rekor dengan jumlah peserta terbanyak lebih dari 31.000 peserta. Hal ini menunjukkan tingginya perhatian pemerintah kota Surakarta terhadap kondisi kesehatan masyarakatnya. Meskipun capaian vaksinasi sudah sangat baik, namun Pandemi adalah masalah kesehatan masyarakat bukan individu. Itulah sebabnya, mencegah terjadinya penularan, memerlukan kepedulian bersama seluruh masyarakat bukan segelintir individu tertentu saja.

Sejalan dengan arahan pemerintah kota Surakarta, serta menyadari pentingnya informasi ini bagi seluruh warga sekolah, maka Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd selaku kepala SMK Negeri 6 Surakarta memerintahkan kepada seluruh warga sekolah yang dipimpinnya untuk mengikuti webinar ini. Seluruh siswa mengikutinya di kelas masing-masing. Guru mengikutinya di aula utama. Informasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dapat diterima dengan baik dan antusias oleh seluruh warga sekolah. Kegiatan inipun berlangsung lancar tanpa kendala.

“Jika kita menjaga alam kita dengan baik, maka alam akan menjaga kita dengan baik.” (NN)